Senin, 26 November 2012

Komunikasi dalam Organisasi

 Pengertian Komunikasi
   Kata atau istilah komunikasi berasal dari bahasa Inggris “communication”, secara etimologis atau menurut asal katanya adalah dari bahasa Latin “communicates” dan perkataan ini bersumber pada kata communis. Dalam kata communis ini memiliki makna “berbagi” yaitu suatu usaha yang memiliki tujuan untuk kebersamaan atau kesamaan makna.
Komunikasi secara terminologis  merujuk pada adanya proses penyampaian suatu pernyataan oleh seseorang kepada orang lain.
Jadi dalam pengertian ini terlibat dalam komunikasi adalah manusia.

Beberapa definisi komunikasi :
·          Komunikasi adalah kegiatan perilaku atau kegiatan penyampaian pesan atau informasi tentang pi kiran atau perasaan (Roben J. G.).
·         Komunikasi adalah pemindahan informasi dan pengertian dari satu orang ke orang lain (Davis, 1981).
·         Komunikasi adalah berusaha untuk mengadakan persamaan dengan orang lain (Schram, W).
Komunikasi dalam organisasi dapat di definisikan sebagai pertunjukkan dan penafsiran pesan di antara unit-unit komunikasi yang merupakan bagian suatu organisasi tertentu. Suatu organisasi terdiri dari unit-unit komunikasi dalam hubungan hirarkis antara satu dengan lainnya dan berfungsi dalam suatu lingkungan.

Pentingnya Komunikasi dalam Organisasi
Beberapa alasan pentingnya komunikasi :
  1. Komunikasi mendatangkan efektifitas yang lebih besar.
  2. Komunikasi menempatkan orang-orang pada tempat yang seharusnya.
  3. Komunikasi membawa orang-orang untuk terlibat dalam organisasi dan meningkatkan kinerja yang baik, dan meningkatkan komitmen terhadap organisasi.
  4. Komunikasi menghasilkan hubungan dan pengertian yang lebih baik antara bawahan, kolega dan orang-orang di luar organisasi.
  5. Komunikasi menolong rang-orang untuk mengerti perlunya perubahan.
  6. Komunikasi meminimalkan permasalahan-permasalahan di dalam keorganisasian seperti konflik, stress, demotifasi dan loyalitas.

Bentuk Komunikasi dalam Organisasi :
Dalam perkembangannya komunikasi dalam sebuah organisasi di bagi dalam beberapa hal :
  1. Sistem informasi menejemen. Misalnya dengan menggunakan komputer, data, informasi.
  2. Telekomunikasi. Komunikasi dengan peralatan yang mana komunikator dan komunikan tidak berhadapan langsung. Misalnya telepon, tv, email.
  3. Komunikasi yang terjadi antara individu.
  4. Proses komunikasi organisasi : intruksi / komando >> laporan, pertanyaan, permintaan >>subsgroup dengan subsgroup  >> staff.


 Komunikasi interpersonal adalah komunikasi yang di lakukan antara seseorang dengan orang lain dalam sebuah oragnasi. Komunikasi ini bisa dilakukan antara individu dalam satu bagian, antara bawahan, antara pimpinan, maupun pimpinan dan bawahan.
     Komunikasi dalam jaringan dan tim kerja. Komunikasi pada dasarnya bentuk interaksi antar individu dalam kelompok maupun oragansasi. Bentuk komunikasi yang di lakukan ternyata memiliki pola tersendiri, sehingga memiliki seemacam jejaringan komunikasi.
    Komunikasi dalam struktur organisasi adalah pola bagaimana setiap bagian-bagian dalam organisasi saling berkomunikasi satu dengan lainnya, baik antar bagian yang tingkatan yang sama (horizontal) maupun berbeda tingkatannya (vertical).
Ada 3 arah umum komunikasi dalam organisasi, yaitu :
-          Komunikasi vertical dari atas ke bawah.
-          Komunikasi vertical dari bawah ke atas.
-          Komunikasi horizontal.

Sumber :
 

Faza Fatimah Zahrah Template by Faza Fatimah Zahrah