Sabtu, 31 Maret 2012

Opini Pengangguran


Latar belakang dari penulisan opini ini adalah untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Ilmu Budaya Dasar (IBD). Selain itu saya juga berkeinginan mengungkapkan pendapat saya terhadap salah satu topik yang akan saya bahas. Kali ini saya mengambil tema Manusia dan Penderitaan.
                Indonesia merupakan salah satu Negara yang mempunyai jumlah penduduk terbanyak di dunia. Pastilah banyak permasalahan yang di hadapi oleh Indonesia. Salah satu permasalahan yang timbul di negara kita adalah masalah pengangguran.
                Hasil yang diharapkan adalah untuk mengurangi dan menekan angka pengangguran di Indonesia. Semakin banyak jumlah pengangguran tetapi tidak sebanding dengan lapangan kerja yang ada.  Masalah ini semakin tahun semakin parah. Bukan tidak mungkin dengan banyak nya angka pengangguran akan timbul masalah baru juga seperti naiknya angka kemiskinan. Ini menjadi suatu penderitaan bagi warga Negara yang kurang beruntung.
 Masalah pengangguran memang sulit di atasi jika tidak ada kerja sama dari bebagai pihak. Pemerintah dan seluruh komponen masyarakat patutnya harus bekerja sama dalam mengatasi masalah pengangguran.
                Upaya mengatasi masalah pengangguran telah dilakukan dan diusahkan oleh pemerintah tetapi kenyataannya angka pengangguran tetap saja terus bergerak naik. Ini menjadi pekerjaan rumah yang harus di selesaikan oleh pemerintah.
Beberapa upaya untuk mengatasi pengangguran adalah mendorong majunya pendidikan, meningkatkan latihan kerja untuk memenuhi kebutuhan ketrampilan, meingkatkan dan mendorong kewirausahaan, menerapkan sistem keluarga berencana.
                Saran saya bukan hanya pemerintah sendiri yang harus mengatasi pengangguran, tetapi kita sebagai warga Negara dan generasi muda haruslah menciptakan lapangan pekerjaan juga untuk sesama.
Contoh usaha untuk mengurangi pengangguran dengan berwirausaha, kita bisa menciptakan lapangan pekerjaan untuk orang lain. Jangan hanya terpaku pada keinginan bekerja sebagai orang kantoran. Apa salahnya jika kita berwirausaha dan bila akhirnya bisa berguna, bermanfaat dan bisa untuk menolong orang lain juga.
                Selain itu sebagai manusia kita juga harus membekali diri dengan kemampuan dan bakat kita agar bisa bersaing dengan manusia yang lainnya untuk mendapatkan pekerjaan.

3 komentar:

  1. kisah nyatah
    ini mau cerita sedikit kesuksesan aq percaya atau tdk tergantun anda,dulu aq juga pernah pengganguran lama,tapi aq tak putus asa selalu cr jln keluar,berkat aq sllu buka internet aq temukan no.ini 085217519919 atas nama ky songo orang paranormal,awalnya takut sih tapi aq beranikan dirin telpon degar petunjuknya masuk akal,bagi anda mau seperti sy silkn anda berurusan degan aky songo atau mau lebih jelas lihat blog dia.di www.paranormal-kisongo.blogspot.com ini cerita kesuksesanku,trmh ksh.

    BalasHapus
  2. mau serin aja,dulu aku penganguran sukses,tapi aq tak mau ptus asa cari lamaran kerja mudah dan tepat,tp syukur ad perusahaan trima aq lumayan gajinya,yaitu pt.pusri bagi and mau sperti aku kirim aja lamaranya di pt.pusri@mail.com contoh saya dulu kirim lamaran berikut:
    1.surat lamaran kerja
    2.foto copy ijasah terakhir yang telah di legalisir
    3.ijasah asli
    4.surat keterangan berkelakuan baik dari kanto polisi
    5.foto copy kartu tanda pengelan/ktp degan yang asli
    6.pas foto warna terbaru ukuran 4*6 3buah
    7.surat peryataan tidak terkait degan perusahaan lain diberi matrai Rp6.000.
    mudahan anda sukses diterima di pt.pusri degan emainya pt.pusri@mail.com terima kasih

    BalasHapus

 

Faza Fatimah Zahrah Template by Faza Fatimah Zahrah