Selasa, 31 Januari 2017

Celepuk, Si Burung Hantu Mini

Celepuk reban atau yang biasa di sebut celepuk merupakan jenis burung hantu yang berbadan mini. Burung hantu jenis ini adalah jenis burung hantu asli Indonesia. Celepuk paling banyak dijumpai pada Pulau Jawa. Burung hantu celepuk juga banyak di cari untuk di perjual belikan.

Kalau dulu itu burung hantu ditakuti, tapi dengan muncul nya film Harry Potter yang memelihara burung hantu, banyak anak muda yang mengikuti untuk memelihara burung hantu juga. Salah satu alternatif nya yaitu burung hantu celepuk.

Berbeda dengan burung lainnya, jika letak mata pada burung itu di samping, tapi kalau burung hantu letak mata nya di depan. Matanya yang bulat besar dan berwarna kuning kecoklatan membuat burung ini kadang terlihat seram apalagi pada malam hari.

Karena postur burung hantu ini sungguh menggemaskan, jadi saya tertarik buat jadiin artikel deh hehe. Ukuran badan yang kecil menjadi daya tarik tersendiri karena tidak membutuhkan kandang yang besar dalam pemeliharaannya. Berikut foto-foto burung celepuk nya...

ini pas beli burung celepuknya masih kecil banget
ukuran burung celepuk nya masih segenggam tangan saja
Ukuran tubuh burung hantu celepuk paling tinggi hanya mencapai 25 cm saja, dengan panjang sayap bila di buka hanya mencapai max. 40 cm. Kalau melihara celepuknya dari masih bayi lucu deh, imut banget celepuknya.. 

Sama seperti burung hantu yang lainnya, celepuk lebih aktif pada malam hari, ketika siang hari burung ini hanya berdiam diri atau menutup kedua matanya. Pakan atau makanan yang di berikan untuk burung celepuk ini tidak susah, yaitu jangkrik.

Tapi menurut saya, kalo mau ngasih makannya pakai jangkrik mesti sabar-sabar ngasih makannya. Soalnya jangkrik juga butuh kandang sendiri, terus kita mesti nangkep-nangkepin jangkriknya buat di kasih ke celepuk (sedikit info, celepuk yang masih kecil belum ngerti sama makanan, jadi kita harus nyuapin jangkriknya satu per satu ke si celepuknya).

Seiring dengan perjalanan waktu, saya ga selalu memberikan pakan jangkrik, celepuk juga bisa di kasih ulet, pengalaman juga nih, kalo ukuran ulet nya terlalu kecil celepuknya juga rada kesusahan buat makan, matok matok tapi ga kena mulu... jadi kalo mau beli ulet nya jangan yang terlalu kecil biar celepuknya bisa makan sendiri hehe.

Kemudian saya juga pernah mencoba memberi pakan ikan patin, denger-denger sih cepet gede celepuk nya kalo dikasih ikan patin, tapiiiiiii ikannya bau amis, jadi saya ga terlalu suka buat ngasih pakan ikan patin.

Memberi makannya pun cukup 1 atau 2 kali dalam sehari. Untuk membereskan dan kandangnya hanya cukup sekali dalam seminggu.
lucu banget celepuknya, yang satu lehernya muter-muter, yang satu ngantuk :D
Fakta unik mengenai burung hantu yaitu burung hantu bisa memutar kepalanya sejauh 270o. Jadi jika kita tertarik untuk memelihara burung hantu, kita mesti tau bener-bener dulu gimana cara ngerawatnya, jangan cuma buat lucu-lucuan aja, nanti kalau burung hantu nya malah mati kasian juga..

Kalau udah rada besar celepuknya bisa terbang juga loh. Jadi hati-hati pas naruh celepuknya di luar kandang. Kadang-kadang dia suka langsung mau terbang (ya mungkin memang naluri burung itu terbang).

Lihat deh sekarang burung celepuknya yang sudah rada gede, mata nya itu menarik banget :D





info penting !
ternyata air toilet mall adalah air limbah yang di daur ulang!
info lengkapnya klik : waspada air toilet di mall !

101 komentar:

  1. Ih, bagus lho
    Taapi sayang bulunya agak acak2an

    BalasHapus
  2. lucu gan,kumisnya kalo disentuh suka merem melek :D

    BalasHapus
  3. klo masih kecil taro di tangkringan boleh gk

    BalasHapus
    Balasan
    1. kira-kira diatas 3 bulan boleh gan :D

      Hapus
    2. tapi klo ga di rantai terbang jauh yah?

      Hapus
    3. pakaikan anklet dan jesse biar ga kabur

      Hapus
    4. pakaikan anklet dan jesse biar ga kabur

      Hapus
    5. Dmn sy bs bli ank celepuk sprti itu

      Hapus
    6. Dmn sy bs bli ank celepuk sprti itu

      Hapus
    7. Dmn sy bs bli ank celepuk sprti itu

      Hapus
    8. Dmn sy bs bli ank celepuk sprti itu

      Hapus
    9. Pengen pny...klo di patok skit gak?

      Hapus
    10. Aku punya 1 bayi celepuk di rumah. Aq si nga kasi mkan janrik atau ulat .tapi pelek ikan ama nasi pertamanya dia enga suka tapi lama kelamaan dia doyan.

      Hapus
  4. Aaaaaaaku pengeeeen. Berapaan ya kak kalo beli?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung, 100-150rban lah :))

      @pajrinn

      Hapus
    2. Ga nyampe 100k ko, kalau di Cirebon sekitar 50 - 75 rb

      Hapus
  5. pengen beli, itu celepuknya gabisa ngerumah ya? pulang lagi gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnya ga bisa ngerumah? paling di dalem sangkar mulu,tapi kalo pas lagi di kasih makan,di lepasin dulu dari sangkarnya biar ga stress hehe

      Hapus
    2. Ikut nimbrung, punya ane ya tak gituin cara peliharaannya

      Hapus
    3. Ikut nimbrung, punya ane ya tak gituin cara peliharaannya

      Hapus
    4. Ikut nimbrung, punya ane ya tak gituin cara peliharaannya

      Hapus
    5. Ikut nimbrung, punya ane ya tak gituin cara peliharaannya

      Hapus
  6. Saya punya burung seperti ini, kira kira umur 2 bulanan. Lucu bener. Kalo sudah nangkring ditangan kita,nengok terus ke wajah kita.perlu diingat, gunting kukunya yg runcing itu dgn gunting kuku. Dia nurut kok. Bila di letakkan dikandang, bila kepala kita goyang goyang, dia ikut goyang dgn melebarkan satapnya.. Kayaknya memang jinak sih.tapi perlu diikat sebelah kakinya, diberi tali rafia dekitar 30 cm,ikatkan dgn gagang kayu. Klo lagi ingin jalan jalan, tinggal keluarkan dari kandang, jgn dikagetkan. Krn dia binatang kagetan... Pokoknya lucu bangetttt gan

    BalasHapus
  7. Seprti itu umur berapa bulan bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klu ane gak tak potong gan kukunya biar tajem , sebab diakan raptor, biar tetep garang dan gagah, skill udah 5 meter,

      Hapus
  8. Saya punya celepuk umur kira-kira 5-6 bln..skrg udah bisa naik turun tangga dan bkn dgn terbang..trus dya slalu pengen d temenin pokok nya manjaaa bgtt..karna pup ny it gak jorok ky burung lain..si oly suka saya ajak main di kamar atau saya lepas bgtu aja..kalau dya ngerasa bosen..bakal nyari saya :D menyenangkan.. Ow iya jgn lupa visit blog saya ya http://ngesartandbeauty.blogspot.com/?m=1 atau search aja NGESART

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku jg punya tp baru 2 bulan setengah

      Hapus
  9. kl porsi makannya gmn bro utk yg kecil dan dewasa?

    BalasHapus
  10. Kasih jangkrik atau anakan tikus putih

    BalasHapus
  11. Kasih makan jangkrik aja kalo yang kecil. Yang dewasa kasih jangkrik juga, tapi kalo mau kasih tikus putih kasihnya seminggu sekali aja hehe

    BalasHapus
  12. Kmen magrib saya nemu anak clepuk, kira2 segengaman tangan. Tiba2 nangkring dijemuran, ditangkep, langsung saya beliin.kandang, beli ulat sama jangkrik , malah gak dimakan, apa harus disuapin ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih hidup g? kasian tuh ahrus disuapin jangkrik, klo takut digigit jangkriknya ditusuk dulu pake lidi...

      Hapus
  13. saya punya juga gan bru 3 bulan, itu burung bisa gede g si gan perasaan segitu2 aja hahaha padahal makanan dikasih terus !!

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga bisa gede-gede banget gan, nama nya jd bunrung hantu mini :D

      Hapus
  14. itu kalo di kurungin di kandang burung, stress ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan di kandangin terun gan, di keluarin kandang biar ga stress, tapi kalo celepuknya udh bisa terbang ati-ati kabur yaa hehe

      Hapus
  15. Dikasih anklet mini aja lho gan... jangan ditaruh kandang.... kasihan... biar sama dilatih itu burung hantunya.... jadi nanti kalo dah lama g perlu di rantai balik2 sendiri.... drpd dikandang malah setres

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo udah dilatih bisa ya gan dilepas terus tar balik lagi burungnya tanpa diiket iket gitu kakinya?

      Hapus
    2. kalo celepuknya udh di lepas di luar ruangan (di halaman / taman) hati-hati kabur gan celepuknya hehe

      Hapus
    3. anklet mini itu kisaran brp ya harganya Anonim_!?

      Hapus
    4. @fadli : boleh sih, pas itu burungnya sempet kembali ke rumah , tapi sekarang ga kembali lagi. mungkin klo bukan dimangsa hewan,diburu orang, atau mgkin ketemu jodohnya. :'v (nunggu punya skill FF)

      Hapus
  16. gan aku kan punya celepuk .. nah kalo di kasih makan koh minta terus terusan sih knp ya ? nanti kalo dikasih terus apa ga kekenyangan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. haloo gimana kabarnya celepuk nya gan?

      Hapus
  17. gan aku kan punya celepuk .. nah kalo di kasih makan jangrik kok nelannya sulit, seperti lengket gitu loh knp ya ? nanti kalo terus spti itu gimana ? makanan pengganti jangkrik apa ?


    Balas

    BalasHapus
  18. aku punya celepuk umurnya sekitar 1bln an. Makanan untuk celepuk selain jangkrik dan tikus putih apa ya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ulat putih neng..asal jgn cicak y

      Hapus
    2. Anakan puyuhh, jooss itu tahan kenyang hwhehehe..

      Hapus
    3. Anakan puyuhh, jooss itu tahan kenyang hwhehehe..

      Hapus
  19. Yang jual burung hantu daerah bogor info dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Citayam celepuk banyak harga 100 rb

      Hapus
    2. Citayam sebelah mananya gan.aku lg mw nyari jg nih.trims infonya

      Hapus
    3. Citayam sebelah mananya gan.aku lg mw nyari jg nih.trims infonya

      Hapus
  20. Lucu yah burung hantunya di taruh di Kandang?? , bisa stres burungnya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya kadang-kadang di lepas juga kok :D

      Hapus
  21. celepuk ku kok siang malem bunyi terus ya?normal gk kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo admin, iya sama saya juga punya burung clepuk. Memang begitu, artinya sehat dan aktif. Coba cari di internet aja ada jawabannya kok :) bdw celepuk saya aneh, jam 8 malam malah tidur.. ada yang tau ngk ya kenapa? trs siang malah melek terus..

      Hapus
  22. ada yg jual bayi brng hntu clpk ga

    BalasHapus
  23. Yang jual chik celepuk mnta infonya dong...

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasa nya ada di toko hewan / kalau daerah jakarta di pasar barito jual macam-macam hewan ka :)

      Hapus
  24. Bayi celepuk langsung bisa kita ikat di tangkringan ?

    BalasHapus
  25. Klw celepuk sy kasih jangkrik gak mau.., tpi klw di kasih cicak dia doyan. Apa gk akan ada masalah sma celepuk sy? Klw gk apa2 baik nya di kasih berapa ekor cicak sehari nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kalau kasih makan nya pake cicak saya kurang tau gimana gan..

      mungkin yg lain bisa bantu jawab?

      Hapus
    2. Kalo bisa jgn di kasih cicak gan,soalx cicak hewan yg ddlm tubuhx punya bxak virus..cb dh prhatikan shabis dksh mkan cicak pst si burhanx jd lbh liar krn efek panas tubuhx meningkat..jd saran sya klo bisa di ksh mkan jangkrik belalang ulat putih ayam ato daging..kasihan burhanx

      Hapus
  26. Celepuk saya kabur...huhuhu

    :'( :'(

    Sdah umur 4 bulanan...sedih gk ada hiburan...

    Pdahal sdah jinak bingit...makan jga tercukupi...stiap dia bunyi ngoceh sya ksih mkn jangkrik 6 ekor kadang klo lg laper berat sya suapin smpe 10/15ekor jangkrik...sediihhh

    BalasHapus
  27. Celepuk saya umur 3 bulanan lagi ganti bulu.. Rontok sana sini sama sering terbang".. Tapi ga jauh sih

    BalasHapus
  28. Saya dapet burung celepuk dlm kondisi kurus, penangan pertamanya ap yh? Sama cara mengetahui itu peliharaan ato liar apa yh? Rencananya klo dh sehat mau saya lepas lg...thx bwt jwabnnya

    BalasHapus
  29. Gan burung hantu celepuk saya namanya tom tapi kalo di kasih makan daging puyuh yang sudah di potong potong boleh apa enggak

    BalasHapus
  30. Gan burung hantu celepuk saya namanya tom tapi kalo di kasih makan daging puyuh yang sudah di potong potong boleh apa enggak

    BalasHapus
  31. Saya punya burunng hantu celepuk, gatau juga jenisnya apa eheheh... saya gak yakin bisa ngerawatnya , jadi mau dijual aja. Minat? Telp/sms. 089664669669

    BalasHapus
  32. Saya punya burunng hantu celepuk, gatau juga jenisnya apa eheheh... saya gak yakin bisa ngerawatnya , jadi mau dijual aja. Minat? Telp/sms. 089664669669

    BalasHapus
  33. saya punya burung celepuk nemu di kandang ke sangkut benang layang, celepuk ngigit ga gan pengen saya keluarin dari kandang tapi takut ngigit, kalau minum burhan minum ga sih?

    BalasHapus
  34. nih org juga salah nih klo mau gk terbang ya dri kecil jangan taruh di kandang lah biar dia terbiasa ngerasa bebas

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe maklum mas, belum punya kandang yg besar :)
      btw thanks untuk sarannya :)

      Hapus
  35. Saya punya burhan celepuk saya gx tau usia nya berapa dia udh bisa terbang saya mau cari anglet jesse beli nya di mana ya kasian celepuk saya di iket nya pake tali sepatu yg di lindungi kulit ketapel mau di jual sayang udh semi jinak

    BalasHapus
  36. gan ada cara lain gak selain fof.mohon infonya yah.thks gan

    BalasHapus
  37. Saya jg punya umur 5-6 bln sya ngrawatx dari dy msh kecil,smpe skrg dy msh hidup dr prtama lahir smpe skrg gk prnh sya kandangin dy bebas lepas di dalam rumah,klo pas dpanggil namax dy lgsg hinggap di tangan saya. Terbang kesana kemari burhan sya paling suka di ajakin naek motor trs diangkringin di pundak..klo pas datang gantengx naek sunggutx jd kelihatan imutx..
    'CreaMy' nama burhan sya..
    Salam kenal ya bwt yg punya hoby sama..

    BalasHapus
  38. Alternatif untung mengikat burungnya pake apa ya?terima kasih

    BalasHapus
  39. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  40. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  41. Bray ane punya burung gtuan ? Ane kandangin tpi klo mkan ane kluarin dlu taro di sangkar ? Biar gak stres gmna gan ? Ane si ntar mau bkin yg buat tangkringan pke kayu biar kya di hutan asli �� gatau dah pnya ane udh brpa blan ��

    BalasHapus
  42. Punyaku tanpa sangkar, dan tiap hari nangkring di tempt angkringannya gk perna kabur,,

    BalasHapus
  43. Stiap kupanggil pkai Peluit dari kejauhan skitar 50 Meter langsung nyamperin dan hinggap di tanganku,, klo udah terlatih dia Jinak sperti burung Merpati, bisa pulang sendiri, gk mungkin nyasar sperti manusia,,

    BalasHapus
  44. Stiap kupanggil pkai Peluit dari kejauhan skitar 50 Meter langsung nyamperin dan hinggap di tanganku,, klo udah terlatih dia Jinak sperti burung Merpati, bisa pulang sendiri, gk mungkin nyasar sperti manusia,,

    BalasHapus
  45. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  46. aku baru banget punya dibeliin bokap. pengen sharing deh, ada kontak yang bisa dihubungin gak ya? huehehe

    BalasHapus
  47. Burung hantu itu minum ga sih ? Terus kalo masih kecil boleh dimandiin gitu gak ??

    BalasHapus
  48. Ane baru beli burung hantu, kata yang jual burhannya masih anakan, mau ane kasih makan gk mau, lalu saat burhannya buka mulut ane masukin jangkrik, malah dimuntahkan, ane kira karena masih siang jadi gk mau makan masih ngantuk, jadi ane biarin sampe jam 4 sore lalu nyoba kasih makan lagi, masih aja gk mau, gimana solusinya?

    BalasHapus
  49. Saya jg bru punya burung hantu celepuk,.dapet nemu pas di liburan di hutan pinus,.mash anakan lg, Lucu bngt liatny,. Beda bngt klau dibandingin sama brung yg lain, yg cmn bisa di liat d kandang doang,.
    Punya burhan tuh seru, bsa di ajak main,.

    BalasHapus
  50. ,.,KISAH NYATA ,
    Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
    Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta , saya stress dan hampir bunuh diri, saya punya anak 2 masih sekolah di smp dan sma, istri saya pergi entah kemana meninggalkan saya dan anak anak, ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya. Tapi setelah di bantu H.UMAR KHUSNAN hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi H.UMAR KHUSNAN. Untuk Konfirmasi Lebih Jelasnya: >>>>>>>>KLIK SOLUSI TEPAT DISINI<<<<<<<<< .Semua petunjuk Beliau saya ikuti dan hanya Dalam waktu 2 hari, Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya, akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih PAK H.UMAR saya tidak akan melupakan jasa PAK H.UMAR. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH.(BUKAN PESUGIHAN ATAUPUN PENGGANDAAN UANG).

    BalasHapus
  51. gan,, mw minta pendapat nih..
    apa benar untuk merawat bulu burhan agar lbih halus dn bersih, bisa menggunakan air rebusan daun sirih + minyak kemiri..?

    BalasHapus
  52. Mbk mau tanya, celepuk q kok makannya 1 hari sekali, itu cuma 8 jangkrik kadang 10 jangkrik, solusinya gimana,
    Sebelumnya makannya lahap kok mbk, butuh solusi mbk

    BalasHapus
  53. Belum lama beli burung hantu sepasang dan anaknya, tapi ga ngerti cara ngerawatnya. Kalau ada yg tertarik mau beli, bisa hub saya ya 081293691119

    BalasHapus
  54. Lucu banget ak punya kira2 umur 7 atau 8 bulanan...?
    Klo siang ad dlam rumah tapi klo dh jm 7 malam hilang dah...bsok pagi baru pulang...

    Hahahahaha lucu pkok e est

    BalasHapus
  55. Lucu banget ak punya kira2 umur 7 atau 8 bulanan...?
    Klo siang ad dlam rumah tapi klo dh jm 7 malam hilang dah...bsok pagi baru pulang...

    Hahahahaha lucu pkok e est

    BalasHapus
  56. Aku juga punya celepuk sekitar 2 bulan setengah, nah aku baca juga katanya terlalu sering kasih jangkrik kan gabaik juga,nah pengganti makanan nya apa ya yang bagus? Boleh minta masukannya ? Makasih

    BalasHapus

 

Faza Fatimah Zahrah Template by Faza Fatimah Zahrah