Minggu, 01 Juni 2014

TUGAS 7 BAHASA INDONESIA: Pengaruh Jumlah Uang Beredar terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia



Uang adalah alat tukar. Alat tukar mempunyai peranan penting dalam kehidupan sehari-hari. Setiap orang beredar membutuhkan uang. Uang dapat digunakan untuk membeli kebutuhan hidup. 

Kebijakan Pemerintah berperan dalam menentukan jumlah uang yang beredar. Uang beredar merupakan penjumlahan dari semua uang kartal dan uang giral yang ada di tangan masyarakat. Uang kartal terdiri dari uang kertas dan uang logam. Uang giral tercipta karena kebutuhan masyarakat akan alat tukar yang lebih mudah, praktis dan aman. 

Jumlah uang beredar mempengaruhi tingkat pertumbuhan ekonomi. Pertumbuhan ekonomi nasional merupakan gabungan dari semua pertumbuhan ekonomi setiap daerah. Uang beredar akan mempengaruhi nilai tukarnya di masyarakat. Uang beredar banyak menyebabkan nilai tukarnya rendah. Uang sedikit menyebabkan nilai tukarnya tinggi. Bank Indonesia harus menjaga kestabilan uang. Uang yang tidak stabil akan menyebabkan terjadinya inflasi. 

Daftar Pustaka

Fadli Saidi. 2014. "Pengertian Uang, Kartal, Giral". http://drfadli.blogdetik.com/ (di akses : tanggal 1 Juni 2014)

Rahmawati. 2014. "Pengaruh Jumlah Uang Beredar, Pengeluaran Pemerintah". http://jurnaljam.ub.ac.id (tanggal 1 Juni 2014)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Faza Fatimah Zahrah Template by Faza Fatimah Zahrah