Minggu, 31 Maret 2013

Mengantuk Setelah Makan?


Setiap hari normalnya orang makan sebanyak 3 kali, yaitu sarapan, makan siang dan makan malam. Sebenarnya bukan hanya 3 kali saja, kadang di sela-sela waktu menunggu makan siang sekitar jam 10 kita sudah makan lagi, atau hanya sekedar ngemil.

Mungkin kita sering merasa, kok habis makan malah jadi ngantuk yah? Padahal Cuma makan, hemm itu sih relative yah.. mari kita ulas sedikit kenapa kita sering merasa mengantuk setelah makan.

Makanan dan minuman yang sudah kita makan pertama akan masuk kerongkongan kemudian di proses dalam lambung. Untuk mengolah makanan tersebut lambung akan mengeluarkan suatu enzim pencernaan. Pada saat ini darah yang menyuplai oksigen dan nutrisi untuk tubuh semuanya bergerak menuju lambung,

Lalu jika proses pencernaan makanan dan minuman sudah selesai di proses, otak akan mendapatkan pasokan oksigen yang lebih sedikit, sehingga kita mulai lelah dan mengantuk. Istilah untuk kejadian ini adalah kelesuan setelah makan.



Penyebab kelesuan setelah makan juga bisa terjadi karena makanan yang kita makan, seperti lebih banyak makan makanan yang mengandung protein daripada karbohidrat. Sebenarnya kelesuan setelah makan adalah pertanda baik, kenapa demikian, karena ini menandakan lambung telah melakukan proses pencernaan dengan baik.

Jika kita tidak ingin merasa kelesuan setelah makan pada jam-jam tertentu, kita bisa mencegahnya dengan cara tidak terlalu banyak makan dan juga berhentilah makan sebelum anda kenyang :)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Faza Fatimah Zahrah Template by Faza Fatimah Zahrah