Rabu, 02 Oktober 2013

PERANAN BAHASA INDONESIA

Bahasa Indonesia mempunyai peranan yang sangat penting pada era globalisasi sekarang ini. Mengapa demikian? Karena bisa dibilang sudah jarang sekali orang menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam percakapan sehari-hari.

Bahasa Indonesia saat ini kian terkikis dan jarang digunakan dengan benar oleh masyarakat Indonesia. Sebagai contoh, penggunaan bahasa sehari-hari oleh para generasi muda.  Para anak muda seolah berlomba-lomba menggunakan bahasa asing ketika berbicara dan menulis sesuatu di akun media sosial miliknya. Hal ini membuktikan ada pergeseran tren bahasa asing yang lebih disukai  oleh masyarakat. Tidak dipungkiri bahwa bahasa Indonesia yang baik dan benar memang terkesan kaku di dengar. Lalu siapa yang akan mewarisi bahasa Indonesia yang baik dan benar kalau bukan kita sendiri?

Fungsi Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Negara
·      Sebagai Bahasa Resmi Kenegaraan. Bahasa Indonesia digunakaan pada saat kegiatan-kegiatan formal kenegaraan yang dilaksanakan di dalam negeri. Misalnya seperti pada saat sidang MPR DPR RI. Bayangkan bila anggota dewan ketika sedang rapat menggunakan bahasa daerahnya masing-masing, pasti sangatlah sulit untuk memahaminya satu sama lain.
·      Sebagai bahasa Pengantar Pendidikan. Bahasa Indonesia wajib digunakan pada situasi formal seperti di sekolah, di kampus, di tempat les. Pengunaan Bahasa Indonesia tentu sangat diperlukan agar semua informasi dapat tersampaikan dengan baik.
·     Sebagai Alat penghubung Tingkat Nasional. Sebagai Negara yang terdiri dari berbagai suku bangsa dan bahasa, dalam kegiatan nasional seperti PON atau kejuaraan lainnya bahasa penghubung diperlukan agar dapat dimengerti oleh semua pihak yang terlibat.
·         Sebagai Alat Pengembang IPTEK. Contohnya dalam membuat sebuah artikel, penulisan ilmiah, skripsi dan tesis Bahasa Indonesia multak diperlukan.

Fungsi Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Negara Nasional
·      Sebagai Lambang Kebanggaan Bangsa. Kita sebagai warga negara Indonesia patut bangga karena di luar negeri seperti di Korea, Bahasa Indonesia jurusan yang cukup diminati. Orang asing saja senang mempelajari bahasa kita, tidak ada alasan lagi untuk lebih mencintai bahasa negara sendiri.
·         Sebagai Identitas Bangsa. Sebagai contoh bila kita ke Arab dan membeli oleh-oleh khas tanah arab, lalu kita menggunakan bahasa Indonesia, pedagang-pedagang di sana pasti langsung mengetahui kalau kita berasal dari Indonesia.
·         Alat Pemersatu dan Penghubung antar Daerah. Indonesia mempunyai banyak sekali bahasa daerah, bayangkan bila tidak ada bahasa pemersatu, akan sulit berkomunikasi dengan orang dari daerah yang berbeda.

Mari kita lestarikan budaya berbahasa Indonesia yang baik dan benar, jangan sampai bahasa yang kita cintai ini terkikis oleh pesatnya perkembangan zaman…

1 komentar:

  1. Nice kak.saya pelajar sekolah menegah Atas, salam.
    Seperti yang dijelaskan diatas, Bahasa indonesia adalah Landasan pemersatu bangsa dari segi Komunikasi dan Informasi serta dalam kegiatan kenegaraan lainnya. saya ingin bertanya, bagaimana pendapat kakak, tentang kurang tergasnya pemerintah memberi kejelasan sistem pendidikan (Kurikulum diindonesia)? dan bagaimana saran kakak bagi terkait masalah terbatasnya tenaga pengajar terkhusu dalam bidang Bahasa Indonesia?

    Mohon tanggapan dan sarannya kak. Terimakasih

    BalasHapus

 

Faza Fatimah Zahrah Template by Faza Fatimah Zahrah