Sabtu, 31 Desember 2011

Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Kemiskinan

Ilmu Pengetahuan
  


Ilmu itu selalu tersusun dari pengetahuan secara teratur, yang diperoleh dengan pangkal tumpuan (objek) tertentu dengan sistematis, metodis, rasional/logis, empiris, umum dan akumulatif.

Pengetahuan diperoleh  sumber-sumber pengetahuan berupa ide, kenyataan, kegiatan akal-budi,  pengalaman, sintesis budi, atau meragukan karena tak adanya sarana untuk mencapai pengetahuan yang pasti.





Teknologi


Teknologi merupakan satu konsep yang luas dan mempunyai lebih daripada satu takrifan. Takrifan yang pertama ialah pembangunan dan penggunaan alatan, mesin, bahan dan proses untuk menyelesaikan masalah manusia.

Teknologi yang berkembang denan pesat meliputi berbagai bidang kehidupan manusia. Luasnya bidang teknik digambarkan sebagaia berikut :

1. Teknik meluputi bidang ekonomi, artinya teknik mampu menghasilkan barang-barang industri. Dengan teknik, mampu mengkonsentrasikan capital sehingga terjadi sentralisasi ekonomi
2. Teknik meliputi bidang organisasional seperti administrasi, pemerintahan, manajemen, hukum dan militer
3. Teknik meliputi bidang manusiawi. Teknik telah menguasai seluruh sector kehidupan manusia, manusia semakin harus beradaptasi dengan dunia teknik dan tidak ada lagi unsur pribadi manusia yang bebas dari pengaruh teknik.



Kemiskinan


Kemiskinan pada dasarnya merupakan salah satu bentuk problema yang muncul dalam kehidupan masyarakat, khususnya pada negara-negara yang sedang berkembang. Kemiskinan yang dimaksud adalah kemiskinan dalam bidang ekonomi. Dikatakan berada di bawah garis kemiskinan apabila pendapatan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup yang paling pokok seperti pangan, pakaian dan tempat berteduh.  Kemiskinan juga dapat terjadi karena tidak memiliki pekerjaan, biasanya orang yang tidak memiliki pekerjaan tidak mendapatkan kerja karena kurangnya skill ataupun pendidikan yang dimiliki.

Kemiskinan menurut pendapat umum dapat dikategorikan ke dalam 3 kelompok, yaitu :
1. Kemiskinan yang disebabkan aspek badaniah atau mental seseorang.
2. Kemiskinan yang disebabkan oleh bencana alam.
3. Kemiskinan buatan atau kemiskinan struktural.

Usaha memerangi kemiskinan dapat dilakukan dengan cara memberikan pekerjaan yang memberikan pendapatan yang layak kepada orang-orang miskin. Karena dengan cara ini bukan hanya tingkat pendapatan yang dinaikkan, tetapi harga diri sebagai manusia dan sebagai warga masyarakat dapat dinaikkan seperti warga lainnya. Dengan lapangan kerja dapat memberikan kesempatan kepada mereka untuk bekerja dan merangsang berbagai kegiatan-kegiatan di sektor ekonomi lainnya.




Pendapat :
IPTEK tidak terlepas pula dari kemiskinan dan kemiskinan tidak telepas pula dari kehidupan masyarakat. Kemiskinan dalam bidang ekonomi selalu menjadi kendala di negara-negara berkembang. Sangat sulit negara untuk memberantas kemiskinan. Sebenarnya jika kita semua memanfaatkan IPTEK maka kita semua dapat memberantas kemiskinan yang ada. Tidak akan ada lagi pengamen, pengemis, dan pekerjaan tidak layak lainnya. Kemiskinan terjadi karena rendahnya ilmu pengetahuan dan teknologi serta pendidikan yang rendah. Semua dapat teratasi dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi.






Sumber :
http://matanews.com/2009/06/03/indonesia-lemah-soal-iptek/
http://venitalavia.wordpress.com/2010/03/01/isd-ilmu-pengetahuan-teknologi-dan-kemiskinan/
http://ervannur.wordpress.com/2010/12/24/ilmu-pengetahuan-teknologi-dan-kemiskinan/

2 komentar:

  1. untuk aspek kemiskinan, pada aspek tersebut tingkat kemiskinan dinegara kita ini sudah bisa dibilang memasuki kedalam tahap kritis dimana aspek tersebut mengalami tingkat kedudukan yg tinggi. dimana yg menyebabkan hal tersebut sangat dipengaruhi dari kurangnya lapangan pekerjaan, kurangnya bantuan pengajaran dari pihak pemerintah, dan juga ketidakpedulian kita sebagai masyarakat untuk membantu saudara-saudara kita tersebut. dan yg saya pertanyakan untuk anda sebagai pemilik blog ini : apakah kita atau negara kita ini bisa melewati tahap kritis ini?
    dan kalau iya, bagaikah caranya yg seharusnya harus ditempuh oleh pemerintah kita ini?
    thanks before

    BalasHapus
  2. tentu negara kita bisa melewati tingkat kemiskinan yang sudah kritis seperti ini.

    salah satu penyebab kemiskinan di negara kita adalah banyaknya para koruptor yang mengambil hak-hak dari rakyat kecil.

    pemerintah seharusnya sangat selektif dalam mengangkat para wakil rakyat. selain itu hukuman bagi para koruptor di negara kita masih sangat ringan bila di bandingkan dgn di negara lain. di negara lain saja hukuman bagi para koruptor adalah hukuman mati, seharusnya Indonesia menerapkan hukuman mati bagi para koruptor, sehingga orang yang ingin melakukan korupsi akan lebih takut lagi.

    BalasHapus

 

Faza Fatimah Zahrah Template by Faza Fatimah Zahrah