Senin, 19 Desember 2011

Individu, Keluarga dan Masyarakat

Pengertian Individu
Individu berasal dari bahasa latin individuum yang artinya tidak terbagi. individu menekankan penyelidikan kepada kenyataan-kenyataan hidup yang istimewa dan seberapa mempengeruhi kehidupan manusia. Individu bukan berarti manusia sebagai suatu keseluruhan yang tidak dapat di bagi,melainkan sebagai kesatuan yang terbatas yaitu manusia perorangan.


Pengertian Pertumbuhan
Pertumbuhan adalah suatu perubahan yang menuju kearah yang lebih maju, lebih dewasa. Pertumbuhan pada dasarnya adalah proses asosiasi, pada proses asosiasi yang primer adalah bagian-bagian. Bagian-bagian yang ada lebih dahulu, sedangkan keseluruhan ada pada kemudian. Bagian-bagian ini terikat satu sama lain menjadi keseluruhan asosiasi. Menurut aliran psikologi gestalt pertumbuhan adalah proses diferensiasi.


Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan :

1. Pendirian Nativistik. Menurut para ahli dari golongan ini berpendapat bahwa pertumbuhan itu semata - mata ditentukan oleh faktor - faktor yang dibawa sejak lahir.
2. Pendirian Empiristik dan environmentalistik. Pendirian ini berlawanan dengan pendapat nativistik, mereka menganggap bahwa pertumbuhan individu semata - mata tergantung pada lingkungan sedang dasar tidak berperan sama sekali.
3. Pendirian konvergensi dan interaksionisme. Aliran ini berpendapat bahwa interaksi antara dasar dan lingkungan dapat menentukan pertumbuhan individu.


Pengertian Fungsi Keluarga

Fungsi keluarga adalah suatu pekerjaan-pekerjaan atau tugas-tugas yang harus dilaksanakan oleh keluarga.

Berikut ini beberapa fungsi keluarga menurut beberapa ahli :
Fungsi keluarga menurut Friedman (1992) :
1. Fungsi efektif dan koping
Keluarga memberikan kenyamanan emosianal anggota, membantu anggota dalam bentuk identitas dan mempertahankan saat terjadi stress.
2. Fungsi sosialisasi
Keluarga sebagai guru menanamkan kepercayaan, nilai, sikap dan mekanisme koping, memberikan feeback, dan memberikan pertunjuk dalam pemecahan masalah.
3. Fungsi reproduksi
Keluarga melahirkan anak, menumbuh kembangkan anak dan meneruskan keturunan.
4. Fungsi ekonomi
Keluarga memberikan finansial untuk anggota keluarganya dan kepentingan di masyarakat.



Pengertian Keluarga
Keluarga berasal dari bahasa Sangsekerta "kulawarga". Kata "kula" berarti ras, dan "warga" berarti anggota. Keluarga adalah lingkungan dimana terdapat beberapa orang yang masih memiliki hubungan darah.


Pengertian Masyarakat
Masyarakat adalah sekelompok individuyang mempunyai hubungan, memiliki kepentingan bersama dan memiliki budaya.


Ada 2 golongan Masyarakat :

1. Masyarakat sederhana
Dalam lingkungan masyarakat sederhana ( primitif ) pola pembagian kerja cenderung dibedakan menurut jenis kelamin. Pembagian kerja berdasarkan jenis kelamin, nampaknya berpangkal tolak dari latar belakang adanya kelemahan dan kemampuan fisik antara seorang wanita dan pria dalam menghadapi tantangan - tantangan alam yang buas saat itu.

2. Masyarakat Maju
Masyarakat maju memiliki aneka ragam kelompok sosial, atau lebih dikenal dengan sebuatan kelompok organisasi kemasyarakatan yang tumbuh dan berkembang berdasarkan kebutuhan serta tujuan tertentu yang akan dicapai.

Dalam lingkungan masyarakat maju, dapat dibedakan :

a. Masyarakat non industri.
b. Masyarakat Industri.


Hubungan antara Individu, Keluarga dan Masyarakat
Aspek individu, keluarga, masyarakat dan kebudayaan adalah aspek-aspek sosial yang tidak bisa dipisahkan. keempatnya mempunyai keterkaitan yang sangat erat. Tidak ada pernah keluarga, masyarakat maupun kebudayaan bila tidak ada individu. sementara di pihak lain untuk mengembangkan eksistensinya sebagai manusia, maka individu membutuhkan keluarga dan masyarakat, yaitu media dimana individu juga membutuhan kebudayaan yakni wahana bagi individu untuk mengembangkan dan mencapai potensinya sebagai manusia.




Sumber :


2 komentar:

  1. Setiap individu pasti akan mengalami perubahan tahap demi tahap yang sering disebut dengan pertumbuhan. oleh sebab itu individu di lingkungan masyrakat tidak bisa dipisahkan dan dimana individu juga membutuhan kebudayaan yakni wahana bagi individu untuk mengembangkan dan mencapai potensinya sebagai manusia.
    amazing your post ! excellent, continue ..

    BalasHapus

 

Faza Fatimah Zahrah Template by Faza Fatimah Zahrah