Senin, 15 April 2013

Resume 2 : Perilaku Konsumen


Resume kali ini adalah hasil presentasi kelompok 2 mengenai Perilaku Konsumen.
Perilaku konsumen merupakan hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian.
·    Konsumen ada 2 wujud, yaitu : Personal  consumer (untuk dirinya sendiri) dan Organizational consumer (untuk organisasi).
·          Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen :
A. Faktor Sosial : grup, family, role and status.
B. Faktor Personal : ekonomi, gaya hidup, usia, pekerjaan, personality.
C. Faktor Psikologi : motivasi, presepsi, pembelajaran, pemikiran.
D. Faktor Budaya : subculture, kelas sosial.
·        Keputusan pembelian menurut Schiffman, Kanuk (2004) adalah pemilihan dari dua atau lebih alternatif pilihan keputusan pembelian, artinya bahwa seseorang dapat membuat keputusan, haruslah tersedia beberapa alternatif pilihan.
·    Proses Pengambilan Keputusan pembelian haruslah didasari oleh : pengenalan masalah, pencarian informasi, evaluasi alternative, keputusan pembelian, evaluasi pasca-pembelian.
·          Pendekatan perilaku konsumen terbagi 2, yaitu : kadinal dan ordinal.
·   Perilaku konsumen Indonesia dikategorikan menjadi 10, yaitu: Berpikir jangka pendek, Tidak terencana, Suka berkumpul, Gaptek, Berorientasi pada konteks, Suka buatan Luar Negeri, Beragama, Gengsi, Budaya lokal dan Kurang peduli lingkungan.
·     Faktor internal yang relevan terhadap proses pembuatan keputusan pembelian : motivasi, presepsi, pembentukan sikap, integrasi.
·          Contoh kasus : Online Shop
·      Kesimpulannya, menurut saya perilaku konsumen yang baik adalah konsumen yang bijak dan cermat dalam membelanjakan uangnya, dan juga harus membedakan mana keinginan dan mana kebutuhan yang diperlukan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Faza Fatimah Zahrah Template by Faza Fatimah Zahrah