Resume
kali ini adalah hasil presentasi kelompok 2 mengenai Perilaku Konsumen.
Perilaku konsumen
merupakan hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian.
· Konsumen ada 2 wujud, yaitu : Personal consumer (untuk dirinya sendiri) dan Organizational consumer
(untuk organisasi).
·
Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen :
A. Faktor Sosial : grup, family, role and status.
B. Faktor Personal : ekonomi,
gaya hidup, usia, pekerjaan, personality.
C. Faktor Psikologi : motivasi,
presepsi, pembelajaran, pemikiran.
D. Faktor Budaya : subculture, kelas
sosial.
· Keputusan pembelian menurut Schiffman, Kanuk (2004) adalah
pemilihan dari dua atau lebih alternatif pilihan keputusan pembelian, artinya
bahwa seseorang dapat membuat keputusan, haruslah tersedia beberapa alternatif
pilihan.
· Proses Pengambilan Keputusan pembelian haruslah didasari oleh
: pengenalan masalah, pencarian informasi, evaluasi alternative, keputusan
pembelian, evaluasi pasca-pembelian.
·
Pendekatan perilaku konsumen terbagi 2, yaitu : kadinal dan
ordinal.
· Perilaku konsumen Indonesia dikategorikan menjadi 10, yaitu:
Berpikir jangka pendek, Tidak terencana, Suka berkumpul, Gaptek, Berorientasi
pada konteks, Suka buatan Luar Negeri, Beragama, Gengsi, Budaya lokal dan Kurang
peduli lingkungan.
· Faktor internal yang relevan terhadap proses pembuatan
keputusan pembelian : motivasi, presepsi, pembentukan sikap, integrasi.
·
Contoh kasus : Online Shop
· Kesimpulannya, menurut saya perilaku konsumen yang baik
adalah konsumen yang bijak dan cermat dalam membelanjakan uangnya, dan juga
harus membedakan mana keinginan dan mana kebutuhan yang diperlukan.
0 komentar:
Posting Komentar