Senin, 15 April 2013

Resume 1 : Penentuan Harga Permintaan dan Penawaran.


Berikut ini adalah resume kelompok 1 mengenai Penentuan Harga Permintaan dan Penawaran yang sudah saya rangkum.
·      Pertama-tama kita harus mengetahui terlebih dahulu definisi dari harga. Jadi apakah definisi dari harga? Harga adalah suatu nilai tukar dari produk, barang maupun jasa yang dinyatakan dalam satuan moneter.
·      Sesuai judulnya, kita juga harus mengetahui definisi dari permintaan dan penawaran. Permintaan adalah jumlah barang atau komoditi yang diminta oleh pembeli untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sosial dalam suatu pasar ekonomi. Bunyi Hukum Permintaan : Harga barang tinggi maka jumlah barang yang diminta rendah, Harga barang rendah maka jumlah barang yang diminta tinggi.”. Faktor yang mempengaruhi permintaan yaitu : selera, pendapatan, harga barang pengganti, intensitas kebutuhan konsumen.
·      Sedangkan Penawaran adalah jumlah barang atau komoditi yang akan diproduksi dan ditawarkan untuk dijual dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat sosial dalam suatu pasar ekonomi. Bunyi Hukum Pernawaran : Harga barang naik maka jumlah barang yang ditawarkan naik, Harga barang turun maka jumlah barang yang ditawarkan turun“. Faktor yang mempengaruhi pernawaran : biaya yang digunakan, tujuan perusahaan, pajak, teknologi yang digunakan, perkiraan harga di masa depan.
·      Contoh kasusnya : harga bawang yang melonjak tinggi.
·      Lalu ada yang bertanya siapa penemu hukum permintaan dan penawaran, serta kenapa pada saat panen padi harga padi murah.
jawabannya : Penemu hukum tersebut adalah Alfred Marshall. Pada saat panen padi harga beras yang diberikan oleh para petani memang jauh lebih murah, tetapi sayangnya ulah tengkulak yang membeli beras lalu menimbunnya akan menyebabkan harga beras dipasaran tidak jauh berbeda dengan musim panen.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Faza Fatimah Zahrah Template by Faza Fatimah Zahrah