Presentasi kelompok 4 telah
dilaksanakan pada tanggal 25 April 2013 sesudah kelompok 3 presentasi. Situasi
di kelas saat itu mahasiswa yang datang sudah jauh lebih banyak dan pada saat
kelompok 4 presentasi juga anggota nya sudah datang semua, kecuali risky apriansyah
yang datang terlambat.
Kelompok 4 membahas materi
mengenai struktur pasar. Dari cara mempresentasikan makalahnya juga terlihat
kesiapan dari pada anggotanya. Sedikit saya bahas lagi mengenai struktur pasar.
Struktur pasar adalah penggolongan produsen kepada beberapa bentuk pasar
berdasarkan pada cirri-ciri seperti jenis produk yang dihasilkan, banyaknya perusahaan
dalam industri, peranan iklan dalam kegiatan industri.
Studi kasus yang di angkat
oleh kelompok ini adalah Persaingan monopolistik antar televisi (LED Tv). Dalam
penjualan LED Tv setiap perusahaan akan bersaing untuk memberikan produk
terbaik sesuai yang diharapkan konsumen.
Berikut ini beberapa
pertanyaan yang diajukan oleh teman-teman saya beserta jawaban dari kelompok 4
:
- Apa yang di maksud dengan pasar abstrak?
Awalnya
kelompok 4 menghindar untuk menjawab pertanyaan ini, alasannya karena tidak
termasuk bahasan dalam struktur pasar. Tetapi kemudian kelompok ini mencoba
menjawab seperti ini : pasar abstrak termasuk ke dalam penggolongan secara
fisik, dimana tidak langsung menyediakan barang pesanan di tempat.
- Tanggapan mengenai maraknya pasar modern, dan bagaimana caranya menaikan pamor pasar tradisional?
Maraknya
pasar modern (mini market) sudah sangat menyalahi aturan. Seharusnya dalam
peraturan jarak antara 1 mini market dengan yang lainnya adalah 500 m. cara menaikan
pamor pasar tradisonal dengan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk
berbelanja di pasar tradisional dan memperbaiki fasilitas yang ada di pasar
tersebut.
0 komentar:
Posting Komentar