Jumat, 26 April 2013

Resume 4 : Struktur Pasar


Presentasi kelompok 4 telah dilaksanakan pada tanggal 25 April 2013 sesudah kelompok 3 presentasi. Situasi di kelas saat itu mahasiswa yang datang sudah jauh lebih banyak dan pada saat kelompok 4 presentasi juga anggota nya sudah datang semua, kecuali risky apriansyah yang datang terlambat.

Kelompok 4 membahas materi mengenai struktur pasar. Dari cara mempresentasikan makalahnya juga terlihat kesiapan dari pada anggotanya. Sedikit saya bahas lagi mengenai struktur pasar. Struktur pasar adalah penggolongan produsen kepada beberapa bentuk pasar berdasarkan pada cirri-ciri seperti jenis produk yang dihasilkan, banyaknya perusahaan dalam industri, peranan iklan dalam kegiatan industri.

Studi kasus yang di angkat oleh kelompok ini adalah Persaingan monopolistik antar televisi (LED Tv). Dalam penjualan LED Tv setiap perusahaan akan bersaing untuk memberikan produk terbaik sesuai yang diharapkan konsumen.

Berikut ini beberapa pertanyaan yang diajukan oleh teman-teman saya beserta jawaban dari kelompok 4 :
  • Apa yang di maksud dengan pasar abstrak?

Awalnya kelompok 4 menghindar untuk menjawab pertanyaan ini, alasannya karena tidak termasuk bahasan dalam struktur pasar. Tetapi kemudian kelompok ini mencoba menjawab seperti ini : pasar abstrak termasuk ke dalam penggolongan secara fisik, dimana tidak langsung menyediakan barang pesanan di tempat.
  • Tanggapan mengenai maraknya pasar modern, dan bagaimana caranya menaikan pamor pasar tradisional?

Maraknya pasar modern (mini market) sudah sangat menyalahi aturan. Seharusnya dalam peraturan jarak antara 1 mini market dengan yang lainnya adalah 500 m. cara menaikan pamor pasar tradisonal dengan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berbelanja di pasar tradisional dan memperbaiki fasilitas yang ada di pasar tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Faza Fatimah Zahrah Template by Faza Fatimah Zahrah