Jumat, 04 Maret 2016

Pengalaman Sidang Skripsi Jurusan Sistem Informasi, Universitas Gunadarma (tanpa di dampingi Dosen Pembimbing)

Sebenernya udah beberapa bulan yang lalu sih sidang skripsinya. Tapi lagi pengen sharing tentang sidang skripsi gue yang super duper deg-degan nih ehehe.

Lanjut yaaa........
Sidang Sarjana Strara 1 Universitas Gundarma dilaksanakan di Kampus A yaitu Kampus Kenari. Udah bolak balik hampir tiap 2 hari sekali kesini nemenin temen-temen gue yang sidang skripsi dan kompre.

Sabtu, 5 September 2015, yuhuuu tanggal sidang pun tiba.
Dari rumah gue jalan jam 7 kurang, sampai di kampus kenari jam 7.15 kira-kira. Kampus kenari udah penuh tuh sama peserta sidang, sejauh mata memandang semuanya pakai baju item putih dan sibuk membaca materi sidangnya sendiri-sendiri.

Jam 7.30 mulailah peserta sidang naik ke lantai 2 untuk skripsi, dan ke lantai 5 untuk yang kompre. Berhubung pas sidang gue barengannya sama temen gue yang kompre, akhirnya gue misah lah sama dia. Pas naik ke lantai 2 untungnya ada 1 orang yang gue kenal muka nya. Dengan pedenya gue SKSD sama doi, ya itung-itung biar ada temen ngobrol dan ga keliatan sendirian banget hehe.

Sekitar jam 8.45 peserta sidang skripsi masuk ke aula dan dijelasin apa-apa aja yang nanti kita bawa ke ruang sidang, sama pembagian lantai berdasarkan nama dosen pembimibing (DP).

Yap, akan dibacakan satu per satu nama dp kalian adanya di lantai berapa. Jadi mesti pasang kuping lebar-lebar supaya ga kelewat pas disebutin dp kalian adanya di lantai berapa pas sidang.

Pengarahan pra sidang skirpsi selesai kira-kira jam 9.30. setelah peserta sidang nukerin dokumen-dokumen yang wajib di bawa (seperti lembar foto, fotocopy ijazah, fotocopy ktp) dengan kartu sidang, para peserta skripsi dipersilakan menuju lantai dimana dp nya berada.

Ini adalah bagian yang paling menegangkan. Karena apa, saya sidang skripsi tidak didampingi oleh dp saya. Dp saya berhalangan hadir karena adik nya nikahan. Oh My God, bisa bayangin dong perasaan gue campur aduk kaya gimana......

Gue dapet sidang urutan ke dua. Berhubung dosen penguji nya datengnya rada telat, jalannya sidang pun sedikit ngaret. Orang yang sidang pertama baru mulai sekitar jam 10.30, dan gue pun gue dapet giliran sidang sekitar jam 11an. 

Oke di depan gue ada 3 orang dosen penguji yang sama sekali gue belum pernah liat dan gue ga kenal sama sekali.

Dan ada salah satu dosen penguji yang bilang, kenapa gue ga ditemenin sama dp, dan dia bilang mendingan gue ga usah sidang hari ini. Dia nyuruh gue untuk pindah jadwal aja biar ditemenin sama dp gue. Seketika badan gue lemes, hopeless, pengen nangis.

Dengan tekat yang kuat gue bilang, kalau gue udah siap untuk sidang hari ini, dan mohon diperbolehkan untuk sidang tanpa didampingi dp.

Dosen penguji pun bilang ke gue, kalau hasilnya gagal jangan nyalahin penguji ya. Soalnya kan ga ada yang belain kamu nanti. Gue pun bilang, siap!

Mulai lah gue bagikan softcover skripsi gue ke 3 dosen penguji dan mulai mempresentasikan hasil penulisan gue. Berhubung skripsi gue mengenai aplikasi android yang membahas location based service tentang taman kota di DKI Jakarta dan disambungkan ke website taman kota yang gue bikin, mulailah para penguji menanyakan dari mulai peta, informasi, jarak, dan sebagainya. Pertanyaannya langsung datang bertubi-tubi tanpa henti. Bener-bener ga ada yang belain gue pas sidang skripsi :') I must give the best for my answer! Keep Fighting....

Dan di pertanyaan terakhir gue inget banget.
Salah satu penguji bertanya. Jika gue jadi penguji dan ada yang sidang skripsi kaya gue, gue mau ngasih nilai berapa? (Intinya gue suruh nilai gue sendiri).

Sebelum menilai diri gue sendiri, gue disuruh komentarin isi skripsi, cara gue presentasi dan cara gue menjawab pertanyaan yang sudah diaajukan tadi. Oke akhirnya gue pun mendeskripsikan bagaimana mengenai penampilan skripsi dan sidang yang tadi gue udah lalui, dan gue menilai 90 untuk diri gue sendiri.

Dan hal apa yang terjadi selanjutnya???
Dosen penguji pun mengeluarkan kertas penilaian, beliau menuliskan nilai 90 di kolom nilai!

Huaaaaaaa gue pun senang bukan kepalang, langsung tuh gue salim sama ketiga pengujinya. Alhamdulillah baget Ya Allah. Di depan mata gue sendiri penguji nulis nilai 90 di lembar penilaian. Gue pun lega dan puas dengan hasil sidang skripsi gue.

Kemudian pengumuman hasil sidang di mulai sekitar 13.30. Alhamdulillah gue masuk ke gelombang pertama. Puji syukur semua yang ada di gelombang pertama lulus semua. (Pengumuman hasil sidang biasanya di bagi 2 atau 3 gelombang, biasanya kalau yang di panggil di gelombang pertama semua nya lulus).

Alhamdulillah, akhirnya tanggal 5 September 2015 gue pun lulus kuliah dan sah menjadi Sarjana Komputer! Sungguh pengalaman sidang skripsi yang tak terlupakan :D


1 komentar:

  1. Waaah... Kebetulan tidak lama lagi saya akan sidang skripsi dan ketemu cerita ini. Informasi yang sangat menarik dan memotivasi, Kak. Dapet penguji yang sekilas menjebak dengan nyuruh ngasih nilai, tapi ngga taunya itu buat nilai kita sendiri.

    Terimakasih informasinya, saya adek kelas kakak Sistem Informasi 4KA42 angkatan 2013 Sistem informasi Karawaci. :)
    Sukses selalu ya, Kak. Dan doain kita angkatan 2013 sukses buat tugas akhir baik yang sidang skripsi maupun kompre.

    -Satria-

    BalasHapus

 

Faza Fatimah Zahrah Template by Faza Fatimah Zahrah