Senin, 16 Desember 2013

Perencanaan Penulisan Karangan Ilmiah

Untuk menghasilkan sebuah karya ilmiah yang bagus, seorang penulis harus terlebih dahulu merencanakannya dengan matang, berikut ini beberapa langkah dalam perencanaan penulisan ilmiah :

A. Pemilihan Topik
Pemilihan topik merupakan hal terpenting dalam penulisan ilmiah, karena pemilihan topik menentukan batasan-batasan isi atau permasalahan yang akan dibahas selanjutnya. Dalam memilih topik karya ilmiah, terdapat beberapa hal yang perlu dipertimbangkan :
- topik yang dipilih hendaknya menarik untuk dikaji.
- topik jangan terlalu luas dan terlalu sempit.
- topik yang dipilih sesuai dengan mminat dan kemampuan penulis.
- topik yang dikaji hendaknya ada manfaatnya untuk menambah ilmu pengetahuan atau berkaitan dengan profesi.

B. Pembatasan Topik
Seorang penulis harus membatasi topik yang akan digarapnya. Setiap penulis harus betul-betul yakin bahwa topik yang dipilihnya cukup dan terbatas sehingga tulisannya dapat terfokus.

C. Pemilihan Judul
Pemilihan judul, akan menggambarkan tingkat kedalaman dan cakupan dari sebuag penelitian yang akan dibahas. Bagi pembaca, judul akan dianggap mewakili bobot sebuah hasil penelitian yang ditulis, bahkan merupakan gambaran mutu tulisan yang akan digarap.

D. Menentukan Tujuan Penulisan
Menetapkan tujuan yaitu menyampaikan maksud dari penulisan karya ilmiah atau penelitian yang akan di buat, sehingga pembaca dapat mengetahui manfaat yang diperoleh dari karangan ilmiah tersebut. Namun kita harus seksama, sering kali penulis memberikan tujuan yang sangat luas sehingga topik yang dibahas keluar dari apa yang sudah dibataskan.

E. Menentukan Kerangka Karangan
Kerangka karangan akan membuat penulisan lebih terarah dan sesuai dengan tujuan dibuatnya karangan ilmiah tersebut, supaya tidak melenceng terlalu jauh karena kerangka karangan merupakan suatu rencana kerja yang memuat garis-garis besar dari suatu tulisan. Disusun secara sistematis, logis, jelas, terstruktur dan teratur. Beberapa fungsi kerangka karangan :
- untuk menjamin penulisan bersifat konseptual, menyeluruh, dan terarah.
- kerangka karangan membantu penulis untuk melihat gagasan-gagasan tulisan dalam sekilas pandang.
- memudahkan penulis menciptakan klimaks yang berbeda-beda.
- menghindari penggarapan topik dua kali atau lebih.
- dengan mempergunakan rincian-rincian dalam kerangka karangkan, penulis lebih mudah untuk mengembangkan apa yang ingin dijabarkan.

F. Langkah-Langkah Penulisan Ilmiah
Metode ilmiah penelitian dan pengembangan menulis karya ilmiah adalah suatu cara untuk pelaksanaan secara sistematis dan objektif yang mengikuti langkah-langkah sebagai berikut :
1. Melakukan observasi dan menetapkan masalah dan tujuan. Langkah awal dalam penulisan ilmiah yaitu melakukan pengamatan atas objek yang diteliti dan menetapkan masalah dan tujuan yang akan diteliti.
2. Menyusun hipotesis. Menyusun dugaan-dugaan yang menjadi penyebab dari objek penelitian.
3.  Menyusun rancangan penelitian. Ini merupakan kerangka kerja bagi penelitian yang dilakukan.
4. Melaksanakan percobaab berdasarkan metode yang direncanakan. Kegiatan nyata dari proses penelitian dalam bentuk percobaan terkait penelitian yang dilakukan.
5. Melaksanakan pengamatan dan pengumpulan data. Setelah melakukan percobaan atas objek penelitian, maka selanjutnya melakukan pengamatan pada objek penelitian.
6. Menganalisis dan menginterprrestasikan data. Menjelaskan segala kondisi yang terjadi pada saat pengamatan atau penelitian.
7. Merumuskan kesimpulan. Menarik kesimpulan dari semua proses percobaan, pengamatan, penganalisaan dan penginterprestasian terhadap objek penelitian.
8. Melaporkan hasil penelitian.  Langkah inilah yang sesungguhnya merupakan proses penulisan karangan ilmiah. Pada langkah ini kita telah menyusun sebuah karya tulis ilmiah yang akan memberikan manfaat bagi pembaca.

Sumber:
http://hafidzfairiz.wordpress.com/2012/12/24/perencanaan-penulisan-karya-ilmiah/
http://fogigof.blogspot.com/2012/12/perencanaan-penulisan-karangan-ilmiah.html


Sharing Pengalaman Penulisan Ilmiah Gunadarma....

Hai, untuk kalian mahasiswa Gunadarma pasti sudah tidak asing lagi sama istilah penulisan ilmiah atau yang biasa di singkat PI. mungkin pi adalah salah satu mata kuliah "yang menakutkan" bagi sebagian besar mahasiswa.
Mau cerita sedikit tentang pengalaman pi saya. Langsung aja ya, selamat membaca :)
Tips yang pertama : siapin judul PI lebih dari satu. Jadi pas pertama bimbingan sama Dosen Pembimbing, kita harus ngajuin judul dulu. Jadi kalo judul pertama ditolak sama DP, kita langsung ajuin lagi judul yang kedua. (Usahakan minggu pertama bimbingan kalian sudah acc mengenai judul, biar PI nya ga molor)
Tips yang kedua : Kalau DP nya baik dan mudah, kalian harus memanfaatkan itu. Kenapa saya bilang begitu? Karena pengalaman dengan teman-teman se-DP saya. DP saya itu orangnya baik banget, beliau selalu mendukung apa yang dikerjakan mahasiswa bimbingannya dan ingin cepat-cepat PI mahasiswa nya selesai. Tapi apa yang terjadi? Teman-teman se-DP sama saya malah bersantai-santai karna DP nya super baik. Alhasil ketika deadline tanda tangan / acc PI ke DP pada kalang kabut. Jadi, mau itu / DP nya baik atau DP nya ribet, kita harus rajin bikin PI nya, jangan menyerah kalau dapat DP nya yang susah. Kalian pasti bisa ko!
Tips yang ketiga : Usahakan mencari teman atau channel atau senior yang bisa membantu kalian dalam menyusun PI. Jujur saja, kalau PI benar-benar dikerjain sendiri tanpa seorang pun yang bantuin pasti kerasa banget beratnya. Jadi coba tanya-tanya teman yang bikin PI nya masih setopik dengan PI kalian, siapa tau bisa saling bantu nantinya..
Tips yang keempat : Rajin-rajin ke perpustakaan, toko buku dan browsing ya.
Tips yang kelima : Jangan lupa berdo'a sama Tuhan dan minta di doakan sama orang tua kalian, supaya PI nya dilancarkan.. Amin....

Berikut ini contoh PI saya dari COVER sampai LAMPIRAN (plus contoh slide presentasi sewaktu sidang) semoga bermanfaat :)

1. cover
2. lembar pengesahan
3. lembar originalitas
4. abstraksi
5. kata pengantar
6. daftar isi
7. daftar tabel
8. daftar gambar
9. daftar lampiran
10. bab 1
11. bab 2
12. bab 3
13. bab 4
14. daftar pustaka
15. lampiran 1
16. lampiran 2
17. slide presentasi sidang


nb : PENULISAN ILMIAH Jurusan Sistem Informasi









cerita penulisan ilmiah
cerita pi
sharing penulisan ilmiah
sharing pi
contoh penulisan ilmiah
contoh pi
penulisan ilmiah gunadarma
pi gunadarma
penulisan ilmiah gundar
pi gundar
penulisan ilmiah sistem informasi
pi SI
contoh pi android
contoh pi eclipse
contoh pi hosting
contoh pi terbaru
contoh cover pi
contoh lembar pengesahan pi
contoh originalitas pi
contoh abstraksi pi
contoh kata pengantar pi
contoh daftar isi pi
contoh daftar tabel pi
contoh daftar gambar pi
contoh daftar lampiran pi
contoh bab I pi
contoh bab II pi
contoh bab III pi
contoh bab IV pi
contoh daftar pustaka pi
contoh lampiran listing program pi
contoh lampiran output program pi
contoh dokumen slide presentasi pi
penulisan ilmiah sistem informasi 2013
penulisan ilmiah sistem informasi 2014
penulisan ilmiah sistem informasi 2015
penulisan ilmiah sistem informasi 2016

1 komentar:

  1. Mantap banget blognya ! Saya juga mhs Gunadarma SI, mau PI smster besok, membantu banget ini blognya, thanks yoooow ! mohon bantuannya juga hehehehe

    BalasHapus

 

Faza Fatimah Zahrah Template by Faza Fatimah Zahrah