Jumat, 04 Maret 2016

Pengalaman Tes Masuk Bank OCBC NISP


Hai para pembaca!

Kali ini aku akan menceritakan tentang pengalaman ku saat mengikuti proses seleksi Banking Academy (BA) For Operation di Bank OCBC NISP.

Tahapan tes untuk Banking Academy For Operations itu :
1. Interview HRD
2. Interview User
3. Psikotes Online
4. Medical Check Up

Oke langsung aja ya...
Aku apply lamaran Banking Academy For Operation di jobstreet. Nah pada deskripsi lowongannya, Banking Academy For Operation itu merupakan sebuah program pengembangan diri yang dikhususkan untuk para freshgraduate untuk menjadi seorang Teller / Service Assistant yang handal (kalau di Bank OCBC NISP, customer service disebutnya service assistant).

Selang seminggu dari aku apply di jobstreet, aku mendapat email invitation untuk mengikuti proses seleksi interview test HRD di OCBC Tower yang beralamat di Jl. Prof. Dr. Satrio, Jakarta. Sebenarnya aku masih ragu dengan diri aku sendiri, apa aku siap bekerja sebagai frontliner di sebuah bank. Dengan memantapkan hati, keesokan hari nya kau datang memenuhi undangan interview HRD di OCBC Tower.

Sampai di sana, yang mau interview HRD ada sekitar 20 orang. Lalu kami dikumpulkan di satu ruangan, dan dijelaskan oleh kedua orang HRD nya mengenai Banking Academy For Operation. Nah saat itu katanya hanya tersedia untuk posisi teller saja. Kemudian dijelaskan juga kalau di Bank OCBC NISP ini ga ada yang namanya penahanan ijazah / pinalti (ini nih yang plusnya, beda yah sama bank-bank yang lain pakai tahan-tahan ijazah). Banking Academy berlangsung selama 9 bulan dan ada tes nya juga nanti sebelum terjun langsung sebagai teller. Katanya sih kalau lulus tes akhirnya bakalan langsung di angkat jadi pegawai tetap. Wow hanya dengan waktu banking academy yang 9 bulan bisa langsung di angkat jadi pegawai tetap! Sungguh menggiurkan ya!

Setelah itu, dipanggil satu per satu buat interview HRD. Interviewnya tiap orang berkisar hanya 5 menit saja ko. Interview nya pun hanya mendeskripsikan diri kamu aja. Pokonya ga ada pertanyaan yang ribet-ribet. Setelah interview berakhir, sebenarnya aku sedikit ragu bisa lolos ketahap selanjutnya, karena waktu jawab aku rada grogi hehe.

Alhamdulillah sehari setelah interview HRD, aku mendapat kabar bahwa aku lolos ke tahap selanjutnya, yaitu Interview USER.

Waktu itu aku interview user di Bank OCBC NISP cabang Adhi Graha. Aku mendapat jadwal interview paling pertama (tiap orang mendapat jadwal interview yang berbeda-beda). Interviewnya membahas tentang diri kita, seputar job description seorang teller dan pendapat-pendapat kita mengenai suatu hal. Ga terasa ternyata aku interview user hampir sejam lamanya. Pas aku keluar dari ruangan user sudah ada 3 orang yang menunggu untuk interview user juga.

Sore hari nya aku mendapat kabar lagi kalau aku lolos interview user. Dan seleksi berikutnya yaitu psikotes online Bank OCBC NISP. Sewaktu di telepon aku juga dikasih tau, nantinya aku bakal ditempatin di Bank OCBC NISP cabang A******a tower. (Pikir aku, lah kan aku masih ada 2 tahap tes lagi, tapi ko udah dikasih tau bakalan di tempatin dicabang mana hehe)

Oke balik lagi ke psikotes online. Jadi nanti kita dikirimin link psikotes online nya ke email, kita tinggal klik aja terus udah masuk deh ke halaman tesnya. Pertama sih ngisi data pribadi dulu kaya jenis kelamin, pendidikan, dll. Tesnya sendiri ga terlalu ribet, mengenai sifat-sifat yang mendekati kita dan tentang ketelitian.

Dan keesokan harinya pun aku mendapat kabar lagi kalau aku lolos psikotes online. Tahap terakhir yaitu medical check up. Sayang sekali aku ga bisa melanjutkannya ke tahap terakhir ini, dikarenakan aku kemarin nya sudah dinyatakan diterima di perusahaan lain.

Sedih juga sih ga nerusin sampai ke tahap terahir, tapi namanya juga hidup itu pilihan :)

So far, untuk tahapan tes masuk pada Bank OCBC NISP tidak memerlukan waktu yang lama. Jeda waktu dari tes satu ke tes lainnya hanya berjarak sekitar 2 atau 3 hari saja. Jadi ga perlu lama-lama buat ke tahap selanjutnya :)


Sekian review saya tentang pengalaman saya mengikuti seleksi masuk di Bank OCBC NISP, semoga bermanfaat! Kalau ada yang ingin ditanyakan, boleh melalui komen komentar ya :)





.
.
.


proses seleksi Bank OCBC NISP
tes masuk Bank OCBC NISP
tes teller Bank OCBC NISP
Banking Academy Bank OCBC NISP
Banking Academy for Operations (Teller)

17 komentar:

  1. Makasih mba sharing pengalamannya. Kebetulan besok jg ada panggilan untuk banking academy for operation. Saya mau nanya itu kira waktu interview ada pertanyaan2 yg pake bhs inggris jg gak ya? Soalnya bhs inggris saya payah hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru sempet bales.. Kalo pengalaman saya sih interviewnya pake bahasa Indonesia aja :)

      Hapus
  2. hi mbak. apa setelah ma
    suk lagsung digaji ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sewaktu pengarahan sebelum interview,
      pihak hrd nya dibilang, kalo udah keterima langsung dapat gaji..

      Hapus
  3. Boleh nanya mbak? Itu rentang estimasi pengemuman per tahapan tes cepat banget? Emang ga dikasih estimasi gt ya mbak misal 1 atau 2 minggu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf baru sempwt bales..
      iya memang per tahapan di bilanginnya estimasi waktu nya kalo ga salah 2 minggu..
      tapi kenyataannya jeda waktu 2 atau 3 hari setelah tes langsung dihubungi ;)

      Hapus
  4. mba waktu perkenalan diri mba cerita tentang apa aja? saya sering stuck untuk pertanyaan ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo saya
      nama panjang, nama panggilan, alamat, umur, lulusan dari univeritas mana, jurusan apa, motivasi diri, hobby.

      kalo saya sih biasanya perkenalan ga terlalu panjang, yg pebting sih inti2 nya aja..

      Hapus
  5. mbak waktu dulu interview user ditanya seputar dunia perbankan kah atau hanya mengenai jobdesk teller? lalu diminta pendapat mengenai apa ya? terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf baru sempat balas.
      seinget aku sih seputar teller, apa tugas teller, pendapat misalkan mau ga di tempatin di luar jakarta, apa alasannya.

      waktu ditanya ditempatin diluar jakarta aku jawab aku ga mau alesannya karena aku perempuan dan ibu aku pasti ga ngasih kalo diluar kota.

      aku fikir aku ga bakal lolos pas jawab nya gitu, entah knp aku lolos tahap wawancara user :)

      Hapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Mbak, nyari di jobstreet keyword nya apa? Soalnya saya cari banking academy for operation gg ada. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa lewat website resmi OCBC nya, mungkin kalau di jobstreet lowongan yang itu sedang tidak ada

      Hapus
  8. Mba mau tanya dong kalo psikotest online itu kayak gimana?

    BalasHapus
  9. Mba ada kontak yg bisa dihubungi buat tanya2? Makasih sebelumnya

    BalasHapus

 

Faza Fatimah Zahrah Template by Faza Fatimah Zahrah