Jumat, 15 Februari 2013

5 Cara Sederhana Mengurangi Pemanasan Global


Pemanasan global, itulah yang menjadi perbincangan hangat pada beberapa tahun belakangan ini. Apa itu pemanasan global? Pemanasan global adalah suatu keadaan dengan meningkatnya suhu rata-rata atmosfer, laut dan daratan bumi. Sudah banyak orang-orang yang menyuarakan gerakan penyelamatan bumi, tapi apa buktinya? Masih banyak juga orang yang tidak perduli terhadap pemanasan global.

Tidak kah kalian sadari? Setiap siang hari pasti kalian mengeluh kalau cuaca sangatlah panas? Yah, itulah salah satu bukti dari dampak pemanasan global. Kita memang tidak gampang mengajak orang lain untuk sadar akan hal ini, tapi kendala itu tidak akan menghalangi kita untuk menyelamatkan bumi dari pemanasan global yang terus berlangsung.

Ada beberapa cara mudah dalam mengurangi pemanasan global, mulai lah dari diri kita sendiri yang memulai gerakan hijau. Kalau bukan kita, siapa lagi?

Berikut cara-cara sederhana demi mengurangi pemanasan global :

1. Hemat kertas & tissue
Taukah anda dari mana kertas dan tissue terbuat? Salah satu bahan pembuat kertas dan tissue adalah pohon. Bayangkan apabila anda menghambur-hambur kan kertas dan tissue begitu saja, berapa banyak pohon yang tertebang sia-sia.

2. Hemat listrik
Dengan mematikan lampu di ruangan yang tidak diperlukan akan mengurangi energi yang dibutuhkan. Hal ini sangatlah bagus, selain tagihan listrik anda bisa berkurang bumi pun akan menerima dampak postitif dari penghematan listrik yang anda lakukan.

3. Cintai produk lokal
Ada sebagian orang yang merasa gengsi untuk memakai produk lokal, produk lokal memang harganya lebih murah dibanging dengan produk luar negri. Tetapi produk luar negri lebih banyak mengandung emisi karbon yang ikut serta dalam pemanasan global. Apa salahnya jika kita memakai produk dalam negri? Banyak keuntungan jika kita memakai produk lokal, salah satunya yaitu meningkatkan pendapatan negera.

4. Jangan gunakan tas plastik
Pasti setiap kali anda belanja, entah itu di pasar tradisional ataupun pasar modern, belanjaan anda akan di masukkan ke dalam kantong plastik. Plastik itu membutuhkan waktu seribu tahun untuk terurai. Maka dari itu, akan lebih baik jika anda membawa tas belanja sendiri dari rumah.

5. Menanam satu pohon
Jika satu orang saja di dunia menanam satu pohon, bisa kita bayangkan, bumi yang kita cintai ini akan lebih hijau, asri dan juga segar. Selain meneduhkan, pohon juga akan memberikan oksigen yang lebih banyak.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Faza Fatimah Zahrah Template by Faza Fatimah Zahrah