Jumat, 15 Februari 2013

Minuman Bersoda dan Susu


Pernahkah kalian memperhatikan kemasan pada minuman bersoda dan kemasan pada susu?

Minuman bersoda selalu di kemas dalam botol dan juga di kemas dalam kaleng. Sedangkan susu sealu di kemas dalam kemasan kardus. Saya pernah bertanya-tanya, kok minuman soda tidak di kemas di dalam kardus dan susu kenapa ga di kemas di botol atau kaleng yah?

Ini jawabannya! :)



Penggunaan kaleng dalam minuman bersoda ada tujuannya loh.. Kenapa soda lebih tepat di kemas dalam kaleng? Karena kaleng merupakan tempat penyimpanan yang peka terhadap suhu lingkungan.

Contohnya, jika kaleng diletakkan di suhu yang tinggi, kaleng tersebut akan bertambah panas bukan? Hal ini disebabkan karena konduktivitas termal atau suatu kemampuan untuk menghantarkan panas.

Minuman bersoda yang paling di utamakan yaitu menjaga supaya gas yang terkandung tidak keluar. Dan untuk menjaga volume air, sebaiknya sebelum membuka minuman bersoda tidak boleh di kocok, jika anda mengocok minuman soda sebelum di buka, pastilah volume air minuman soda tersebut akan meningkat dan bisa meledak sebelum anda membukanya.



Untuk produk susu, yang paling di utamakan adalah kesegaran dari susu itu sendiri. Karena sifat susu yang mudah basi, kemasan kardus lah yang paling tepat untuk kemasannya. Kemasan kardus mempunyai konduktivitas termal yang lebih rendah dari pada kaleng.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Faza Fatimah Zahrah Template by Faza Fatimah Zahrah