Jumat, 15 Februari 2013

Balon di tuip dengan mulut tidak bisa terbang?



Bulat, ringan, berwarna-warni dan juga bisa terbang, iya itulah balon. Bukan hanya anak kecil, tetapi banyak orang yang menyukai mainan yang satu ini, balon.

Bahkan sekarang bentuk balon tak lagi bulat melulu, ada yang berbentuk love, dan ada juga yang di bentuk menjadi hewan, bunga dan lain sebagainya.

Kebanyakan dari kita semua sewaktu kecil senang sekali dan minta dibelikan balon kepada mamah papah kita, mainan yang sangat ringan dan juga bisa di lempar-lempar ini memanglah menggemaskan.

Hayoooo siapa yang pernah beli balon tiup di mini market atau di warung? Pasti sampai rumah langsung di tiup kan? :D. Fuh… fuh.. fuuuhh… ketika kita meniup balon lalu kalau ukuran balonnya sudah besar ujungnya di ikat, dan kita langsung menerbangkan balonnya ke udara.

Hop hooopppp, balon pun terbang ke udara, tapi kok baru sebentar turun lagi yah :(
Siapa yang tahu sebabnya balon yang di tuip dengan mulut tidak bisa terbang?...

Berikut penjelasannya teman : hal tersebut terjadi dikarenakan balon yang di tiup dengan mulut tidak hanya berisi udara saja, tapi mengandung karbon dioksida, uap, dan air liur. Itulah sebabnya isi balonnya jadi lebih berat, jadinya balon tersebut tidak bisa lama deh terbangnya.

Nah kalau balon yang ada di tukang abang-abang itu bisa terbang tinggi dan lama, soalnya udaranya di isi dengan gas helium. Massa gas helium itu lebih ringan di banding massa udara yang ada di balon tiup kita.

Semoga bermanfaat ;))

0 komentar:

Posting Komentar

 

Faza Fatimah Zahrah Template by Faza Fatimah Zahrah