Sabtu, 23 Maret 2013

Manfaat Berjemur di Bawah Sinar Matahari



Sinar Matahari, banyak orang beranggapan sinar matahari itu panas, jadi kenapa harus repot-repot berjemur di bawah sinar matahari? Pendapat itulah yang salah.

Sinar matahari pagi dan sore mempunyai manfaat yang luar biasa. Meskipun keliahatannya sepele dan membosankan, ternyata sinar matahari mempunyai berbagai manfaat bagi tubuh kita.

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang kita peroleh dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi dan sore :
·        Sinar matahari akan mengubah provitamin D yang ada pada jaringan kulit menjadi vitamin D.  vitamin D baik untuk penyerapan kalsium yang bermanfaat untuk kepatan tulang dan kekuatan gerakan otat, menjaga kesehatan gigi.
·        Sinar matahari akan memudahkan sel-sel dalam tubuh menyerap glukosa yang bisa menurunkan kadar glusosa darah kita.
·        Sinar matahari akan meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh kita karena akan menambah jumlah sel darah putih yang berguna untuk menyerang penyakit.
·        Sinar matahari dapat memperbaiki sistem pernapasan.
·        Sinar matahari membantu membunuh berbagai jamur, bakteri dan juga virus.

Sangat jelas banyak sekali manfaat yang diberikan oleh sinar matahari, dengan berjemur dalam kisaran waktu 10-15 menit saja tubuh kita mendapatkan manfaat secara gratis.

Jadi tunggu apalagi, apakah pendapat orang mengenai berjemur di bawah sinar matahari hanya menyebabkan kulit akan menjadi gelap saja? Tentu tidak jawabannya :)

Kulit akan berwarna lebih gelap disebabkan adanya zat melanin. Zat ini di produksi di lapisan sel dalam kulit. Jika jumlah nya banyak, kulit akan berwarna coklat-kekuningan sampai hitam, sedangkan jika semakin dikit jumlah zat melanin tersebut, kulit kita akan berwarna lebih putih.

Namun tidak usah khawatir jika berjemur akan membuat kulit kita akan menjadi lebih gelap secara permanen, karena lama-kelamaan zat / pigmen melanin akan kembali seperti semula, jadi kulit kita akan berangsur-angsur kembali ke warna kulit yang semula :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar