Jumat, 15 Februari 2013

Tips Cara Membersihkan Sepatu Suede (beludru)



Untuk para pengkoleksi sepatu, tentulah sudah tahu sepatu berbahan suede atau yang disebut sepatu berbahan beludru. Sepatu dengan bahan berbulu tipis halus ini memang sangat memikat untuk para pencinta sepatu, ditambah dengan tekstur beludru yang halus menjadi daya pikat tersendiri untuk sepatu ini.

Tapi di samping itu, ada kesulitan tersendiri dalam membersihkan sepatu berbahan beludru ini. Waktu itu saya masih sangat awam dan belum tahu cara mencuci sepatu jenis ini dengan benar. Ketika saya mencucinya sama dengan sepatu biasa yaitu dengan di sikat menggunakan sabun dan air, apa yang terjadi, sepatu beludru saya malahan rusak bukannya jadi bersih..

Beberapa waktu kemudian saya pun membeli sepatu jenis itu kembali, ketika membelinya saya pun tak lupa menanyakan cara membersihkan sepatu berbahan beludru ini kepada sang penjual.

Dibawah ini saya sajikan tips membersihkan sepatu suede (beludru) yang bersumber dari sang penjual dan beberapa bacaan yang saya peroleh :
1. Selotip
Dengan menggunakan selotip anda bisa menggangkat debu-debu pada sepatu beludru anda. Caranya yaitu, gunting selotip seperlunya saja, lalu tempelkan ke atas bahan sepatu beludru anda, kemudian lepaskan kembali selotip yang tadi di tempelkan. Dengan demikian debu-debu yang ada pada permukaan sepatu anda akan menempel pada permukaan solatip.
2. Karet penghapus
Penggunaannya yaitu sama seperti kita menghapus biasa, namun bedanya adalah media yang kita gunakan untuk di hapus. Biasanya kita menghapus pada kertas tetapi kali ini kita akan menghapus debu / noda ringan pada sepatu beludru. Caranya dengan menggosok-gosokan karet penghapus pada permukaan sepatu. Tidak perlu dengan yang kekuatan besar, hanya diperlukan gerakan ringan untuk menggosok-gosokan karet penghapusnya.
3. Penyedot debu
 Peralatan rumah tangga yang satu ini juga bisa digunakan dalam membersihkan noda di sepatu beludru anda. Caranya sama seperti anda membersihkan noda menggunakan alat penyedot debu secara biasanya.
4. Sikat gigi dan air
Bila di sepatu anda tertinggal noda seperti tanah yang mengering atau lumpur, pastilah sedikit sulit untuk membersihkannya. Cara yang aman adalah menyikat permukaan yang terkena noda dengan sikat gigi dan sedikit air.
5. Suede protector
Suede protector adalah sejenis spray yang gunanya melindungi sepatu jenis ini dari debu dan kotoran.

Itulah beberapa tips dari saya dalam membersihkan sepatu suede (beludru), semoga bermanfaat :D

10 komentar:

  1. Kenapa gak ada tulisannya ya cuma gambar sepatu aja? Hehe..

    "Lagi nyari Chino Pants? Yuk maen ke HM Chino Pants"

    BalasHapus
  2. oke Mantap Pandunannya sangat lengkao dan jelas... jdi bisa langsung praktek...
    dan untuk toko kaos kaki muslimah yang lengkap dan berkualitas di jakarta dimana ya...

    BalasHapus
  3. kalo sepatunya sudah rusak, bisa dibersihin lagi gak ya?

    BalasHapus
  4. untuk mengangkat debu kita butuh berapa bayak slotip ya..
    dan kalau tips untuk merawat kaos kaki muslimah yang seperti apa ya...
    salam sukses..

    BalasHapus
  5. untuk mencuci sepatu butuh penghapus juga ya... sy kita cuma butuh deterjen..dan kalau untuk mencuci kaos kaki wanita apakah membutuhkan penghapus karet juga...

    BalasHapus
  6. kalo utk sepatu kulit gmn gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. caranya pakai lotion yang mengandung minyak zaitun di oleskan di bahan kulitnya.
      kalau mau yang simple cukup di semir aja biar kulitnya ga retak-retak :)

      Hapus
    2. yg suede bisa uga di kasi minyak zaitun

      Hapus

 

Faza Fatimah Zahrah Template by Faza Fatimah Zahrah