Kamis, 02 Mei 2013

Barisan Semut



Semut, binatang yang satu itu bentuknya tergolong sangat kecil bila dibandingkan dengan ukuran binatang yang lainnya.

Semut itu kalau berjalan kenapa yah kok selalu berjajar rapi seperti sedang baris?

Semut yang hidupnya secara berkelompok berpindah tempat dengan berjalan dalam suatu barisan. Berjalan dengan berbaris dilakakukan semut ketika berpindah tempat dan juga saat menindahkan makanan hasil pencarian mereka.

Di bagian depan barisan ternyata ada pemimpinnya loh, semut yang di bagian depan biasanya semut yang pandai dalam mencari jalan. Selagi semut-semut berjalan, mereka juga mengeluarkan suatu zat yaitu feromon. Zat feromon ini fungsi nya untuk memberitahu arah jalan kepada semut-semut yang ada di barisan belakang biar tidak tertinggal.

Pernah gak kalian iseng memotong barisan semut yang sedang berjalan? Pasti di barisan yang di potong itu semut-semutnya akan kebingungan kan, karena kehilangan jejak feromon yang di depannya.

Kalau kalian meletakkan karet gelang di suatu kerumunan semut, semut yang terperangkap dalam karet gelang itu akan berputar terus menerus di dalam karet gelang. Kandungan karet gelang diantarnya belerang atau sulfur, debu vulkanik, dan fenol. Semut itu gak suka dengan kandungan bahan-bahan yang tadi. Jadi semutnya akan kesulitan untuk keluar dari lingkaran karet gelang tersebut.

Kadang semut membuat lubang di celah ubin sehingga menimbulkan gundukan tanah atau semen yang di gali nya, untuk menghindari semut membuat lubang pada area tertentu, kita dapat menaburkan bubuk alami yaitu bubuk kayu manis, karena semut sangat tidak suka dengan aroma bubuk kayu manis.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Faza Fatimah Zahrah Template by Faza Fatimah Zahrah