Kamis, 02 Mei 2013

Pengalaman Workshop Video Editing with Ulead


Artikel saya kali ini ingin menceritakan tentang pengalaman saya dalam mengikuti workshop video editing with ulead yang diselenggarakan oleh LepKom Universitas Gunadarma. Worhshop ini diselenggarakan pada hari Rabu, tanggal 13 Maret 2013 di kampus D. Workshop di mulai pukul 9 pagi, tapi pas nyampe di sana masuknya jam 9an hehe.

Pertama masuk sih deg-degan workshopnya ngapain aja. Tapi untung dapet asisten lab nya baik-baik. Workshop ini di bagi jadi 2 sesi, sesi pertama dari jam 9 pagi sampai jam 12 pagi, terus dilanjutin lagi di sesi ke 2 jam 1 siang sampai jam 4 sore.

Workshop di sesi pertama lebih banyak belajar mengenai materi, kalau di sesi kedua lebih banyak prakteknya. Di bawah ini akan saya tuliskan sedikit mengenai materi-materi yang diberikan selama workshop.

Video adalah rangkaian banyak frame gambar yang di putar dengan kecepatan tertentu, masing-masing frame di rekam tahap demi tahap dari suatu gerakan. Bahan baku video adalah kaset. Direkamnya bias secara optis dan elektronis.

Editing adalah proses merangkai / merekonstruksi kembali gambar / video yang terpisah menjadi satu kesatuan sehingga menarik untuk di tonton.

Proses pembuatan video klip ada 4 tahap, yaitu: shooting (harus ada objek yang ingin di rekam), capturing (proses pengambilan gambar), editing (proses mengedit video tersebut), dan yang terakhir di masukan ke dalam vcd / dvd.

Gambar di bawah ini merupakan tampilan dalam Ulead.


Workshop ini juga banyak latihan-latihannya, baik latihan tertulis (tentang materi) dan latihan praktek ngedit-ngedit. Asal kita hadir dan ngerjain semua latihan yang diberikan Insya Allah kita bakalan lulus workshop ini ko. Pada sore hari sebelum pulang di bagiin cd gitu mengenai materi-materi video editing with ulead.

Workshop ini sebenernya materi yang disajikan ga terlalu sulit, dan ga butuh logika atau pemikiran yang keras, yang dibutuhin cuma kreatifitas dan imajinasi dalam mengedit suatu video biar tampilannya lebih menarik.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Faza Fatimah Zahrah Template by Faza Fatimah Zahrah