Minggu, 05 Mei 2013

Jangan Malu Menggunakan Batik


Hai, pasti udah tau semua kan apa itu batik? Yap, kain batik merupakan kain bermotif yang merupakan warisan budaya dari nenek moyang bangsa kita. Beberapa tahun yang lalu batik pernah di klaim oleh negara tetangga sebagai warisan budaya meraka juga, tapi akhirnya dunia telah mengakui bahwa batik adalah warisan budaya Indonesia.

Sebagai generasi muda, kita patutnya harus menjaga dan ikut melestarikan batik. Kalau bukan kita yang ikut serta dalam melestarikan batik, siapa lagi? Batik yang dulu  terkesan kuno kini sudah mulai bergulir menjadi batik yang lebih modern.
Motif dari kain batik juga tidak melulu parang atau motif-motif batik kuno. Kini muncul berbagai motif batik modern yang diikuti oleh model dari baju batik itu sendiri. Kalau dulu batik itu ya Cuma kemeja aja, tapi sekarang sudah banyak inovasi-inoovasi yang diciptakan, mulai dari kaos batik, dress batik, jaket batik, tas batik, sepatu batik dan banyak kerajian-kerajian lainnya yang mengikut sertakan motif batik didalamnya.

Seiring dengan berjalannya waktu, kini bukan lagi orang tua saya yang gemar memakai batik, mulai dari anak-anak hingga remaja kerap kali kita temui sedang memakai batik. Jangan sampai kita tidak menghargai dan melestarikan kebudayaan bangsa sendiri.

Jangan mau kalah dengan busana-busana dari bangsa lain, toh Indonesia juga mempunyai banyak kain-kain daerah yang patut kita promosikan ke dunia luar. Kalau banyak masyarakat yang mengenakan baju dari luar negeri, kenapa kita sering kurang percaya diri memakai pakaian yang berasal dari dalam negeri? Baju khas Indonesia juga tidak kalah bersaing loh dengan baju dari luar negeri, hanya saya kita kurang menghargai apa yang bangsa ini sudah miliki.

Jadi jangan lagi malu mengenakan batik, mari bersama-sama kita promosikan batik ke dunia luar :D

0 komentar:

Posting Komentar

 

Faza Fatimah Zahrah Template by Faza Fatimah Zahrah