Minggu, 05 Mei 2013

Pengalaman Workshop Cisco Borderless Networks Technology


Hallo, pada hari Sabtu tanggal 4 Mei 2013 saya dan teman-teman saya mengikuti workshop yang berjudul “One Day Cisco Borderless Networks Technology” yang di selenggarakan oleh BEM FIKTI Universitas Gunadarma yang bekerja sama dengan Hendevane Training Partner.

Acara workshop tersebut di mulai sekitar jam 9 sampai jam 5 sore. Agenda-agenda nya meliputi Course Introduction, Cisco Introduction, Cisco Systems Technologies, Cisco IOS Introduction, Cisco Implementation dan Cisco Training Program Overview.

Sedikit membahas mengenai Cisco, Cisco system merupakan Perusahaan global di bidang telekomunikasi yang bermarkas di San José, California, Amerika Serikat. Cisco juga merupakan salah satu produk Teknologi Informasi nomor satu didunia, terutama untuk perangkat keras jaringan serta telekomunikasi.

Pada Bagian Cisco System Techology akan dijabarkan mengenai terminology jaringan, perangkat-perangkat jaringan, cara mengkonfigurasi IP address, dan lain-lain. Kemudian pada bagian Cisco IOS Introduction akan diajarkan bagaimana menginstall program Cisco paket tracker, komponen internal cisco, cisco router ios, dan konfigurasi administrative.

Bagian yang paling saya sukai yaitu pada saat cisco implementation, kita akan langsung praktek membuat sebuah topologi jaringan, pada workshop ini saya diajarkan menghubungkan komputer, mulai dari menghubungkan 1 konputer yang berada dalam jaringan yang sama, sampai menghubungkan 12 komputer yang berada pada 3 jaringan yang berbeda. Selain itu kita diajarkan juga mensetting IP address, host name, dan pengaturan-pengaturan lainnya supaya komputer-komputer yang berbeda jaringan dapat saling terhubung.

Di bawah ini merupakan contoh topologi jaringan yang saya buat :)

Kebetulan tutor saya orangnya baik dan supel, ternyata dia lulusan S1 Universitas Gunadarma juga loh hehe, jadi lebih santai pada saat workshopnya. Oh iya, saya juga ga sia-sia sudah ikut workshop ini, pokoknya bermanfaat banget buat menambah ilmu tentang jaringan komputer, apalagi buat orang awam kaya saya ini hehehe :)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Faza Fatimah Zahrah Template by Faza Fatimah Zahrah