Minggu, 05 Mei 2013

Junk Food


Hai semua.. Kalian pasti sudah tau kan apa itu junk food? Junk food merupakan golongan  makanan yang hanya tinggi akan kandungan kalorinya saja. Junk food juga biasa di sebut makanan sampah, mengapa demikian? Makanan junk food umumnya memiliki nilai gizi, nutrisi, vitamin dan serat yang rendah, sehingga ketika masuk ke dalam tubuh, makanan tersebut hanya bukannnya member dampak yang positif terhadap tubuh malah akan membawa bencana di dalam tubuh kita.

Biasa nya restoran cepat saji identik dengan makanan junk food. Walaupun sebenarnya tidak semua restoran cepat saji menyajikan makanan-makanan junk food. Makanan junk food biasanya makanan dengan kadar kalori, karbohidrat, gula, garam, lemak dan zat aditif yang tinggi. Jika terjadi penumpukan-penumpukan bahan makanan tersebut di dalam tubuh akan mengakibatkan tubuh kita menjadi sarang penyakit. Makanan junk food biasanya menggunakan bahan makanan tambahan seperti MSG dan bahan pengawet yang sifatnya tidak baik bagi tubuh.

Penyakit-penyakit yang timbul akibat mengkonsumsi makanan junk food secara berlebih diantaranya: hipertensi, karena terlalu banyak mengkonsumsi garam. Obesitas, karena konsumsi gula yang berlebih. Kolesterol akan meningkat seiring konsumsi lemak jahat yang menumpuk di dalam badan, diabetes, jantung, bahkan kanker.

Tetapi tidak dipungkiri, makanan junk food malah menjadi idola pada jaman sekarang ini. Kebutuhan konsumen yang membutuhkan waktu singkat menjadi salah satu faktor utama keberhasilan usaha restoran cepat saji. Selain itu junk food biasa nya juga mempunyai kelezatan tersendiri untuk menambah nafsu makan, contohnya saja burger. Bila kita ingin mengkonsumsi makanan yang tegolong junk food itu boleh-boleh saja, asal harus di ingat porsi nya yah, agar tidak membahayakan kesehatan.

Junk food tidak melulu menu yang ada di restoran siap saji, tetapi makanan yang biasa kita konsumsi bias digolongkan pada makanan junk food, contohnya gorengan, minuman bersoda, makanan kaleng, snack ringan, tetapi ada juga junk food ala Indonesia yang bermanfaat buat tubuh loh, contohnya gado-gado dan pecel.

Ada baiknya kita meluangkan waktu sedikit lebih banyak untuk mengkonsumsi makanan yang sehat. Apa salahnya menunggu lebih lama untuk hasil yang lebih baik. Jadi, makan makanan yang sehat mulai dari sekarang.

Seperti kata pepatah, sebaiknya mencegah dari pada mengobati ;) 

0 komentar:

Posting Komentar

 

Faza Fatimah Zahrah Template by Faza Fatimah Zahrah